Bacaan Doa Kedua Orang Tua Tulisan Arab, Latin, dan Artinya

Konten dari Pengguna
4 Mei 2022 20:42
·
waktu baca 6 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Bacaan Doa Kedua Orangtua, Foto: Unsplash.
zoom-in-whitePerbesar
Bacaan Doa Kedua Orangtua, Foto: Unsplash.
ADVERTISEMENT
Sebagai seorang anak, sudah selayaknya kita berbakti ke kedua orang tua. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mendoakan mereka. Bacaan doa untuk kedua orang tua sangat mudah untuk dihafalkan.
ADVERTISEMENT
Memanjatkan doa untuk kedua orang tua juga merupakan bentuk kasih sayang dan rasa syukur. Terlebih ajaran Islam menganjurkan untuk memuliakan orang tua. Seorang anak juga dianjurkan untuk selalu mendoakan kedua orang tuanya.
Hal itu sebagaimana sudah tertulis dalam Al-Qur’an bahwa seorang anak harus berbuat baik dan berbakti pada kedua orang tua.

Apa Doa untuk Kedua Orang Tua yang Masih Hidup?

Bacaan Doa Kedua Orangtua, Foto: Unsplash.
zoom-in-whitePerbesar
Bacaan Doa Kedua Orangtua, Foto: Unsplash.
Sejak kecil, kita telah diajarkan nilai-nilai untuk berbakti ke orang tua. Sebab, menunjukkan rasa bakti ke keduanya merupakan salah satu jalan untuk mendapatkan rida-Nya. Terlebih jika kedua orang tua masih diberi kesempatan hidup dan menghabiskan sisa waktu bersama dengan anak-anaknya.
Memupuk dan mengamalkan nilai agama, termasuk berbakti ke orang tua telah kita didapatkan sejak usia awal masuk sekolah. Selain mempelajari dan mengamalkan doa harian anak, kita juga diajarkan bacaan doa untuk kedua orang tua.
ADVERTISEMENT
Lalu, bagaimana bunyi doa untuk kedua orang tua? Dikutip dari laman Muhammadiyah, berikut bacaan doa kedua orang tua:
اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا
Allahummagh firlii wa liwaa lidhayaa warham humaa kamaa rabbayaa nii shaghiraa

Artinya: “Ya Allah ampunilah semua dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku dan sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangiku pada waktu aku kecil.”

Bagaimana Cara Mendoakan Orang Tua yang Sakit?

Ilustrasi membaca doa untuk kedua orang tua. Foto: Unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi membaca doa untuk kedua orang tua. Foto: Unsplash.com
Mendoakan kedua orang tua tak mengenal situasi dan kondisi, termasuk jika salah satu di antara keduanya sedang sakit. Sebab, meminta kesembuhan orang tua yang sedang sakit merupakan salah satu wujud ketakwaan kita pada Allah.
Lalu, apa bacaan doa mohon kesembuhan untuk orang tua? Dihimpun dari buku Kumpulan Doa Makbul oleh Neni Nuraeni, berikut bacaan doa untuk orang tua yang sedang sakit:
ADVERTISEMENT
اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبْ الْبَاسَ اشْفِهِ وَأَنْتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا
Allaahumma rabbannaasi adzhibil ba’sa isyfihi wa antas syafi laa syifaa’a illa syifaauka syifaa’an laa yughadiru saqaman.

Artinya: "Ya Allah Tuhan manusia, hilangkanlah bahaya. Sembuhkanlah dia karena Engkaulah yang menyembuhkan. Tidak ada obat kecuali obat-Mu. Obat yang tidak meninggalkan penyakit."

Selain doa memohon kesembuhan di atas, terdapat bacaan doa untuk meminta ampunan untuk kedua orang tua. Berikut lafal dan artinya:
رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِمَنْ دَخَلَ بَيْتِيَ مُؤْمِنًا وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَلَا تَزِدِ الظَّالِمِينَ إِلَّا تَبَارًا
Rabbighfirli waliwalidayya wa liman dakhala baitiya mu’minan wa lil mu’minina wal mu’minati wa la tazidizh zhalimina illa tabaran

Artinya: “Ya Tuhanku, ampunilah aku, dan ibu bapakku, serta bagi siapa saja yang masuk ke rumahku dengan keadaan beriman, dan semua orang beriman, laki-laki dan perempuan. Dan janganlah engkau tambahkan bagi orang zalim kecuali kebinasaan.”

ADVERTISEMENT
Mendoakan kondisi terbaik bagi orang tua yang sedang sakit parah merupakan salah satu wujud ikhtiar dan tawakal kepada Allah. Berikut doa yang dapat dibacakan:
اللَّهُمَّ اَحْيِنِي مَاكَا نَتِ الْحَيَاةُ خَيْرً الِّى وَتَوَ فَّنِى مَاكَا نَتْ الوَ فَاةُ خَيْرًا لِى
Allahumma ahyini maa kaa natil khayatu khoirolli watawaf fanni adzka kaanat wafaatu khirolii

Artinya: “Ya Allah, hidupkanlah dia apabila itu lebih baik baginya dan matikanlah dia apabila kematian itu lebih baik baginya.”

Doa Apa Saja yang Dibaca Untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal?

Bakti seorang anak ke orang tua harus tetap diwujudkan meski salah satu maupun keduanya telah meninggal dunia. Hadiah terbaik untuk mewujudkan rasa bakti ke orang tua yang sudah meninggal, yakni dengan rutin mengunjungi makam dan mendoakannya.
ADVERTISEMENT
Hal itu sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah SAW melalui sebuah kisah yang dikutip melalui laman NU Online.

Dari Abu Usaid berkata, “Suatu ketika saya sedang duduk-duduk bersama Rasulullah SAW. Tiba-tiba ada seorang laki-laki dari sahabat Anshar sowan. Ia bertanya kepada Rasul, ‘Ya Rasul, apakah saya bisa berbaik budi kepada kedua orang tua saya yang sudah meninggal?’

Rasul lalu menjawab, ‘Iya, ada empat hal, yaitu (1) mendoakan mereka, (2) memohonkan ampunan untuk keduanya, (3) menunaikan janji mereka dan memuliakan teman mereka, dan (4) menjalin silaturahmi dengan orang-orang yang tidak akan menjadi saudaramu kecuali melalui perantara ayah-ibumu. Itulah budi baik yang harus kamu lakukan setelah mereka meninggal’.” (Musnad Ahmad: 16059)

Berdasarkan kisah di atas, secara tak langsung menunjukkan betapa pentingnya bagi seorang anak untuk tetap berbakti ke kedua orang tua meski telah tiada. Inilah mengapa, penting bagi tiap-tiap muslim mengetahui doa ziarah kubur orang tua dan cara mengamalkannya.
Ilustrasi mendoakan kedua orang tua yang sudah meninggal. Foto: Pixabay.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mendoakan kedua orang tua yang sudah meninggal. Foto: Pixabay.com
Lantas, bagaimana cara kirim doa untuk orang tua yang sudah meninggal? Mengirim doa untuk kedua orang tua yang telah meninggal memiliki tata urutan yang sama dengan doa ziarah kubur pada umumnya. Mulai dari mengucapkan salam hingga melantunkan bacaan doa.
ADVERTISEMENT
Menyadur sumber yang sama, tata urutannya adalah sebagai berikut:
  1. Membaca pengantar surah al-Fatihah yang berisi doa untuk Rasulullah, keluarga dan para sahabat, para alim ulama, dan seluruh kaum muslimin.
  2. Menyebut nama kedua orang tua yang sudah meninggal dunia.
  3. Membaca surah al-Fatihah.
  4. Membaca surah Yasin.
  5. Membaca surah al-Ikhlas sebanyak tiga kali, dilanjut dengan mengucap tahlil dan takbir.
  6. Membaca surah al-Falaq, dilanjut dengan mengucap tahlil dan takbir.
  7. Membaca surah an-Nas, dilanjut dengan mengucap tahlil dan takbir.
  8. Dan berbagai macam bacaan lainnya seperti selawat nabi dan diakhiri dengan doa pendek berikut:
اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ
ADVERTISEMENT
Allahummaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi aa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkhalahu wagsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khathaa ya kamaa yunaqqats tsawbul abyadhu minad danas. Wa abdilhu daaran khairan min daarihii wa ahlan khairan min ahlihii wa zawjan khairan min zawjihi wa adkhilhul jannata wa a’idzhu min ‘adzaabil qobri wa fitnatiihi wa min’ adzaabin naar.

Artinya: “Ya Allah ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah kedua orang tuaku. Dan muliakan tempat tinggalnya, luaskan jalan masuknya, bersihkanlah kedua orang tuaku dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah kedua orang tuaku dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran.

Tak hanya saat berkunjung ke makam kedua orang tua. Menunjukkan bakti sepeninggal keduanya juga dapat diwujudkan dengan beramal ke sesama dan diniatkan atas nama orang tua. Adapun doa niat sedekah untuk orang tua yang sudah meninggal adalah sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ
Rabbanā taqabbal minnaa innaka antas samii‘ul ‘aliimu.

Artinya: “Tuhan kami, terimalah persembahan dari kami. Sungguh Engkau maha mendengar lagi maha mengetahui.” (Imam Al-Ghazali, Ihya Ulumiddin)

Bacaan Doa Kedua Orangtua, Foto: Unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Bacaan Doa Kedua Orangtua, Foto: Unsplash.com
Demikianlah bacaan doa kedua orang tua yang bisa dibaca diamalkan. Doa di atas dapat dijadikan salah satu wujud bakti seorang anak pada kedua orang tua.
Sebab, anak yang memuliakan orang tua, derajatnya sangat tinggi di mata Allah. Maka muliakanlah kedua orang tua selagi diberi kesempatan. Semoga bermanfaat.
(Umi & ANM)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·