News
·
31 Maret 2021 9:31

Bacaan Doa Wudhu dan Tata Caranya Sesuai Sunah Rasulullah SAW

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Bacaan Doa Wudhu dan Tata Caranya Sesuai Sunah Rasulullah SAW (102335)
Ilustrasi Membaca Doa dan Berwudhu. Sumber: Unsplash.com
Bacaan doa sebelum (niat) dan doa setelah wudhu adalah bacaan yang sering dilafalkan oleh umat muslim. Hal ini dikarenakan wudhu merupakan amalan pembuka ibadah mahdah (wajib), karena ia menjadi salah satu syarat sahnya ibadah. Wudhu dilakukan sebelum umat Islam melaksanakan shalat fardu, shalat sunnah, dan juga sebelum thawaf mengelilingi kabah.
ADVERTISEMENT
Dalam buku "Terapi Wudhu: Sempurna Shalat, Bersihkan Penyakit", Muhammad Akrom (2010:17), dijelaskan jika wudhu berasal dari kata wadhu, yang merupakan nama sebuah tempat yang digunakan untuk berwudhu. Kata asalnya al-wadha’ah, yang berarti bersih, indah, dan bagus.
Secara istilah, wudhu bermakna mensucikan diri dari semua hadas kecil, dilakukan sesuai dengan syariat Islam dengan menggunakan air. Perintah berwudhu tertuang dalam salah satu firman Allah SWT berikut ini,
Wahai orang-orang yang beriman. Apabila kalian hendak melaksanakan shalat, basuhlah wajah dan tangan kalian sampai ke siku, dan sapulah kepalamu dan (basuhlah) kedua kakimu hingga kedua mata kaki. Dan jika kamu sedang junub, maka mandilah". (Q.S. Al-Maidah: 6)
Ketika berwudhu terdapat doa, adab, dan tata cara yang dianjurkan untuk dilakukan. Simak informasi lebih lanjut di bawah ini.

Lafal Doa Wudhu

1. Lafal Niat Wudhu
Niat dilakukan sebagai rukun sebelum melakukan suatu amalan. Seperti ibadah lainnya, ada niat yang dapat dibaca sebelum berwudhu. Lafalnya sebagai berikut,
ADVERTISEMENT

Nawaitul whudu a lirof'il hadatsii ashghori fardhon lillaahi ta aalaa

Artinya: Aku berniat berwudhu untuk menghilangkan hadas kecil, fardhu karena Allah taala.
2. Doa Selesai Berwudhu
Sehabis membasuh kaki sebanyak tiga kali, kita disunnahkan untuk membaca doa selesai wudhu. Doa yang dapat dilafalkan yaitu,

Asyhadu allaa ilaaha illallooh, wahdahuu laa syariika lahu, wa asyhadu anna muhammadan 'abduhuuwa rosuuluhuu. Alloohummaj'alnii minat tawwaabiina waj’alnii minal mutathohhiriina, waj'alnii min 'ibadikash shaalihiin.

Artinya: Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, dan tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan utusan Allah. Ya Rabb, jadikanlah diriku sebagai golongan orang-orang yang bertaubat, dan jadikanlah diriku sebagai golongan orang-orang yang suci, dan jadikanlah diriku sebagai golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.
ADVERTISEMENT

Tata Cara Berwudhu

Berikut adalah tata cara berwudhu seperti dikutip dari islam.nu.or.id,
  1. Disunnahkan menghadap kiblat dan menggunakan air yang mengalir (tidak menggenang).
  2. Membaca kalimat basmallah, diiringi dengan mencuci kedua tangan hingga pergelangan sebanyak tiga kali.
  3. Kumur-kumur sebanyak tiga kali.
  4. Membasuh muka dari tempat tumbuhnya rambut hingga dagu sebanyak tiga kali.
  5. Membasuh kedua tangan hingga siku sebanyak tiga kali.
  6. Mengusap rambut kepala hingga belakang, dilanjutkan dengan membasuh telinga.
  7. Mencuci kaki hingga pergelangan kaki sebanyak tiga kali.
Begitulah doa yang dapat dibaca ketika wudhu, beserta tata cara yang sesuai sunnah nabi. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda. (AA)