News
·
21 September 2020 14:21

Berita Online Terkini, BPJS Kesehatan Kembali Ajak Masyarakat Manfaatkan Mobile

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Berita Online Terkini, BPJS Kesehatan Kembali Ajak Masyarakat Manfaatkan Mobile (3097)
Aplikasi Mobile. Sumber: Vantage.id
Berita online terkini datang dari Instansi Pemerintah yakni BPJS Kesehatan. Terhitung sejak tanggal 14 September 2020 lalu, Pemerintah Indonesia kembali memberlakukan penerapan PSBB khususnya di Jakarta dan sekitarnya. Beberapa instansi baik dari Pemerintah maupun swasta turut membatasi aktivitas operasionalnya, termasuk BPJS Kesehatan. Dalam kondisi terbatas seperti saat ini, BPJS Kesehatan nyatanya masih terus berupaya untuk memaksimalkan pelayanannya yaitu dengan memanfaatkan layanan digital.
ADVERTISEMENT
Selama pemberlakuan PSBB jilid 2, BPJS Kesehatan kembali ajak masyarakat untuk optimalkan penggunaan layanan aplikasi Mobile JKN. Bagi yang belum tahu, Mobile JKN merupakan aplikasi solutif yang dapat memberi informasi dan kemudahan dalam mengakses layanan fasilitas kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan. Cukup dengan aplikasi seluler ini, kamu bisa melakukan pengecekan dan perubahan data kepesertaan, mengetahui informasi tagihan, mengajukan keluhan bahkan mencari daftar dokter untuk berkonsultasi. Selain mudah dan praktis, penggunaan layanan digital ini diharapkan dapat meminimalisir antrean di kantor layanan BPJS Kesehatan guna menghindari kerumunan yang dapat memicu klaster baru di masa pandemi.

Berita Online Terkini: Cara Pengguna Baru Akses Mobile JKN

Cara mengakses layanan Mobile JKN sangatlah praktis. Kamu cukup unduh terlebih dahulu Aplikasi Mobile JKN melalui Play Store atau App Store. Untuk pengguna baru, kamu juga bisa melalukan pendaftaran secara online melalui aplikasi yang sudah kamu unduh. Berikut ini tata caranya :
ADVERTISEMENT
  1. Unduh aplikasi Mobile JKN melalui Play Store atau App Store.
  2. Setelah unuduhan selesai, buka aplikasi tersebut.
  3. Klik menu “Pendaftaran Peserta Baru” pada layar utama Mobile JKN lalu pilih “Ya, setuju”.
  4. Masukan data diri kamu, berupa nomor KTP, masukan pula kode captha lalu klik selanjutnya.
  5. Lengkapi data diri kamu sesuai dengan yang tertera pada Kartu Tanda Penduduk, lalu klik selanjutnya.
  6. Pilih fasilitas kesehatan (faskes) dan faskes gigi.
  7. Lalu masukan email aktif kamu dan pilih simpan.
  8. Tunggu beberapa saat sampai kamu menerima email berisi kode verifikasi Mobile JKN.
  9. Setelah semuanya selesai, data diri kamu akan muncul di layar ponsel apabila data kepersertaan berhasil didaftarkan.
  10. Selanjutnya, kamu akan menerima nomor virtual akun untuk melakukan pembayaran iuran. Pembayaran dapat dilakukan melalui tunai bank, internet banking, ATM, kantor pos atau merchant BPJS seperti minimarket.
ADVERTISEMENT
Selain layanan digital Mobile JKN, BPJS Kesehatan juga menyediakan layanan call center pada nomor 1500400 yang dapat dihubungi selama 24 jam. Jika kamu memiliki keluhan atau pertanyaan terkait fasilitas kesehatan, langsung saja hubungi layanan bantuannya. BPJS Kesehatan siap membantumu kapanpun dan dimanapun. (AA)