News
·
16 Maret 2021 11:13

Cara Berbakti Kepada Orang Tua yang Wajib Dilakukan Setiap Anak

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Cara Berbakti Kepada Orang Tua yang Wajib Dilakukan Setiap Anak (74271)
Ilustrasi Orang Tua, sumber: pixabay
Sadar atau tidak disadari, terkadang kita sudah jarang atau bahkan tidak memiliki rasa hormat dan berbakti kepada orang tua kita sendiri. Mungkin hal tersebut dapat diakibatkan oleh pergaulan atau kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan yang berkembang yang tidak dibarengi dengan pendidikan budi pekerti serta norma-norma.
ADVERTISEMENT
Adanya perbedaan yang nyata pada zaman antara generasi kita dengan generasi orang tua juga bisa jadi penyebab munculnya rasa tidak hormat dan berbakti kepada orang tua. Oleh karena itu, beberapa hal berikut bisa kamu lakukan untuk memulai berbakti dengan orang tua.

Cara Berbakti Kepada Orang Tua yang Wajib Dilakukan Setiap Anak

Dari buku Adab Anak Berbakti Pada Orang Tua, Sunarno (2020:2). disimpulkan adalah kewajiban setiap anak untuk berbakti kepada orang tuanya. Dan seluruh agama serta kepercayaan, memerintahkan anak untuk berbakti.
Berikut ini cara berbakti yang wajib dilakukan setiap anak.
1. Bertutur kata dengan baik
Ketika kita sedang emosi atau kesal, terkadang kita tidak sadar untuk menjaga tutur kata yang akan kita keluarkan kepada orang tua. Bertutur kata dengan baik sangat penting untuk dijaga ketika sedang berkomunikasi dengan orang tua.
ADVERTISEMENT
2. Melakukan perbuatan baik kepada orang tua
Kita selalu diajarkan untuk berbuat baik ke orang lain, terutama ke orang terdekat kita. Orang tua menjadi orang yang paling dekat dengan kita dan sudah semestinya kita melakukan perbuatan baik kepada orang tua
3. Rutin memberi kabar
Kesibukan sehari-hari membuat kita lupa untuk memberi kabar ataupun menanyakan kabar ke orang tua. Rutin memberi kabar dapat menjadi salah satu cara untuk senantiasa bersilaturahmi dengan orang tua
4. Mendoakan orang tua
Ketika kamu sedang berada jauh dari orang tua, sempatkanlah untuk mendoakan orang tuamu agar mereka selalu sehat dan berada di dalam lindungan Allah.
5. Memprioritaskan orang tua
Sabda Rasulullah SAW mengatakan bahwa surga berada di bawah kedua telapak kaki Ibu. Oleh karena itu, kamu harus selalu mengabdi dan memprioritaskan orang tua.
ADVERTISEMENT
6. Merawat orang tua di usia senja
Orang tua telah merawat kita sejak bayi hingga dewasa seperti sekarang, sudah semestinya kita juga merawat kedua orang tua ketika mereka sudah berusia senja atau lansia, menjadi hal mulia dan kamu akan mendapatkan pahala yang berlimpah oleh Allah.
Sekian cara-cara berbakti kepada orang tua yang bisa dilakukan mulai dari sekarang! (CL)