News
·
16 Juli 2021 17:02
·
waktu baca 2 menit

Cara Daftar BPJS Online dengan Mudah Tanpa ke Kantor Cabang

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Cara Daftar BPJS Online dengan Mudah Tanpa ke Kantor Cabang (136637)
searchPerbesar
Cara daftar BPJS online dengan praktis. Foto: dok. https://pixabay.com/
Sekarang ini setiap karyawan wajib memiliki BPJS. Kesehatan yang terjamin merupakan hal yang perlu dipenuhi bagi tiap orang. Hal ini rupanya termasuk ke dalam tanggung jawab pemerintah untuk memenuhi kebutuhan kesehatan tiap masyarakat. Salah satu cara yang dilakukan pemerintah untuk menjamin kesehatan masyarakat adalah dengan pengadaan program BPJS.
ADVERTISEMENT
Untuk dapat mendaftarkan diri sebagai pengguna BPJS, berikut ini adalah cara daftar BPJS online yang mudah untuk Anda ikuti.

Cara Daftar BPJS Online dengan Langkah Mudah

Kesehatan merupakan kebutuhan dasar yang perlu dipenuhi agar produktivitas dapat tetap terjaga. Ita juga perlu melakukan berbagai upaya untuk menjamin kesehatan kita dan juga mengantisipasi jika suatu hari nanti akan terjangkit penyakit berat yang perlu penanganan yang lebih lanjut lagi.
Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mendaftarkan diri sebagai pemegang kartu BPJS. BPJS merupakan badan usaha yang bertanggung jawab langsung pada pemerintah Republik Indonesia yang memiliki tugas khusus untuk menyelenggarakan jaminan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia.
Tujuan adanya program BPJS tersebut juga dijelaskan dalam buku berjudul Buku Ajar Hukum Jaminan Sosial yang disusun oleh Dr. St. Laksanto Utomo S.H., M.Hum (2020:125) yang menyebutkan bahwa UU BPJS menentukan bahwa, “BPJS Kesehatan berfungsi menyelenggarakan program jaminan kesehatan”.
ADVERTISEMENT
Jaminan kesehatan menurut UU SJSN diselenggarakan secara nasional berdasarkan prinsip asuransi sosial dan prinsip ekuitas dengan tujuan menjamin agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan.
Di Indonesia terdapat dua jenis BPJS, yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Sesuai dengan namanya, BPJS Kesehatan merupakan program yang menyelenggarakan jaminan sosial dalam bidang kesehatan di masyarakat umum, sedangkan BPJS Ketenagakerjaan dikhususkan untuk menjamin keamanan bagi tenaga kerja.
Cara Daftar BPJS Online dengan Mudah Tanpa ke Kantor Cabang (136638)
searchPerbesar
Cara daftar BPJS online dengan praktis. Foto: dok. https://pixabay.com/
Pemaparan mengenai BPJS Ketenagakerjaan juga disebutkan dalam buku Panduan Resmi Memperoleh Jaminan Sosial dari BPJS Ketenagakerjaan yang disusun oleh Tim Pustaka Yustisia (2014:8) menjelaskan bahwa BPJS ketenagakerjaan wajib diberikan bagi tenaga kerja untuk memberikan rasa aman dalam melakukan pekerjaan.
Keanggotaan BPJS ini dapat kita daftarkan secara online. Cara daftar BPJS secara online dapat Anda lakukan dengan dua pilihan. Berikut ini adalah pilihan cara daftar BPJS online yang dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda:
ADVERTISEMENT
Cara Daftar BPJS Online Melalui Situs Web Resmi BPJS Kesehatan
  • Buka website atau situs resmi BPJS Kesehatan dapat tautan https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id.
  • Setujui arahan dan juga syarat serta ketentuan yang berlaku pada kotak centang yang terletak di paling bawah halaman website
  • Isi data diri yang diminta selengkap mungkin, lalu centang kotak pernyataan untuk melanjutkan langkah pendaftaran
  • Pilih kelas serta fasilitas kesehatan yang dibutuhkan
  • Tunggu balasan registrasi via email untuk mendapatkan nomor virtual account
  • Lakukan pembayaran iuran pada bank yang ditentukan
  • Cetak dan simpan bukti pembayaran yang telah dilakukan
Cara Daftar BPJS Online Melalui Aplikasi JKN-KIS
  • Unduh aplikasi JKN Mobile pada smartphone Anda
  • Setelah itu buka aplikasi, lalu pilih opsi “Daftar”
  • Kemudian pilih menu “Aktivasi Akun”
  • Masukkan data yang dibutuhkan selengkap mungkin, kemudian pilih “Register”
  • Setelah pendaftaran selesai, segera login dengan email dan password yang telah Anda buat
ADVERTISEMENT
Itu dia cara daftar BPJS online dan juga ulasan mengenai BPJS yang perlu Anda ketahui. Anda dapat memilih cara daftar BPJS online sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat. (DAP)