Tekno & Sains
·
7 Juli 2021 18:00
·
waktu baca 1 menit

Cara Daftar E-form BRI untuk Mencairkan Dana BLT

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Cara Daftar E-form BRI untuk Mencairkan Dana BLT (159760)
searchPerbesar
Daftar E-Form BRI. Foto: dok. https://pixabay.com/
Pandemi yang masih merebak hingga saat ini membuat berbagai sektor ekonomi di berbagai negara, termasuk Indonesia menjadi goyah. Hal ini tentu perlu segera diatasi untuk menyelamatkan keadaan negara. Salah satu cara dan solusi yang diberikan pemerintah untuk menanggulangi keadaan ini adalah dengan penyaluran BLT bagi UMKM. Bantuan ini dapat diterima melalui BRI dengan mendaftar e-form BRI.
ADVERTISEMENT
Untuk mendaftarnya, berikut ini adalah cara daftar e-form BRI untuk mencairkan dana BLT UMKM.

Cara Daftar E-form BRI dengan Mudah dan Praktis

Salah stau sektor yang berperan besar dalam memajukan dan menstabilkan ekonomi suatu negara, khususnya Indonesia adalah sektor UMKM.
UMKM atau Usaha Kecil Mikro dan Menengah ini merupakan usaha mandiri yang dikelola perorangan atau suatu badan usaha. Hal ini seperti yang disebutkan dalam buku Strategi Pengembangan Kelembagaan UMKM yang disusun oleh Dr. Dindin Abdurohim BS, S.Sos., MM., M.Si (2020:24) yang menyebutkan bahwa UMKM adalah unit usaha produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha di semua sektor ekonomi.
Cara Daftar E-form BRI untuk Mencairkan Dana BLT (159761)
searchPerbesar
Daftar E-Form BRI. Foto: dok. https://pixabay.com/
Hal tersebut tentunya membuat UMKM memegang peranan yang cukup penting dalam menggerakan perputaran roda ekonomi di Indonesia. Namun rupanya UMKM merupakan salah satu sektor ekonomi yang terkena dampak cukup besar akibat adanya pandemi.
ADVERTISEMENT
Hal ini juga disebutkan dalam buku berjudul Kebangkitan UMKM di Indonesia yang disusun oleh Ahmad Zafrullah Tayibnapis, M.S., CIQaR, ‎Dr. Radita Gora, MM (2021:7) yang menyebutkan bahwa UMKM termasuk sektor yang paling terdampak pandemi Covid-19. Namun begitu, UMKM diharapkan bisa menjadi tulang punggung pemulihan ekonomi karena menyerap tenaga kerja dan menyumbang Produk Domestik Bruto. Maka dari itu, pemerintah memberikan solusi berupa dana BLT bagi UMKM agar dapat menjaga produktivitas UMKM.
BLT UMKM yang disediakan pemerintah ini dapat diterima melalui e-form BRI yang diterima bagi pemilik UMKM. E-form BRI ini merupakan formulir elektronik yang dikelola BRI yang diperuntukkan bagi pemilik UMKM yang termasuk ke dalam penerima bantuan produktif mikro yang diberikan berupa BLT UMKM
ADVERTISEMENT
Untuk dapat melakukan pendaftaran e-form BRI, berikut ini adalah cara daftar e-form BRI yang mudah bagi Anda penerima BLT UMKM atau BPUM:
  1. Akses situs e-form BRI pada tautan https://eform.bri.co.id/bpum
  2. Klik simbol garis tiga yang terdapat pada halaman awal lalu pilih menu pendaftaran, lalu pilih menu rekening
  3. Pelajari bagian informasi tabungan yang tampil pada halaman pendaftaran, lalu pilih menu registrasi untuk melanjutkan proses pendaftaran.
  4. Ceklis pada bagian persetujuan di laman syarat dan ketentuan yang berlaku setelah Anda pelajari syarat dan ketentuan yang ada.
  5. Pilih menu “Buka Rekening” lalu pilih “Ya”
  6. Isi formulir yang tersedia dengan benar dan sesuai dengan kondisi dan data yang ada.
  7. Setelah selesai mengisi data, catat nomor referensi yang muncul pada laman tersebut. Karena nomor referensi akan digunakan untuk aktivasi pendaftaran di cabang BRI terdekat.
ADVERTISEMENT
Setelah proses aktivitas selesai, rekening BRI Anda kini dapat digunakan untuk mencairkan BLT UMKM. Untuk mengecek apakah Anda termasuk penerima BLT UMKM ini, Anda dapat langsung mengeceknya dengan cara berikut:
Masuk ke halaman https://eform.bri.co.id/bpum
Masukkan NIK dan kode verifikasi yang muncul pada halaman pembuka
Pilih menu proses inquiry
Tunggu hingga informasi pemberitahuan penerima BLT UMKM ini muncul
Jika Anda terkonfirmasi sebagai penerima, Anda dapat langsung datang ke kantor cabang atau langsung ditransfer ke rekening yang sudah Anda buat sebelumnya.
Mudah bukan cara daftar e-form BRI untuk menerima BLT UMKM? Ikuti panduannya dengan seksama untuk memudahkan prosesnya. Semoga bermanfaat. (DAP)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white