Cara Kerja Hybrid Synergy Drive dan Pengertiannya pada Mesin Mobil

Konten dari Pengguna
15 September 2023 21:46
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Kerja Hybrid Synergy Drive. Sumber: Unsplash/Andrew Roberts
ADVERTISEMENT
Dunia otomotif pasti selalu memiliki inovasi. Contohnya adalah teknologi Hybrid Synergy Drive (HSD). Cara kerja Hybrid Synergy Drive berbeda dengan mobil konvensional pada umumnya.
ADVERTISEMENT
Tidak semua mobil memiliki teknologi canggih yang satu ini. Sebelum memutuskan untuk membeli mobil, seseorang harus mengetahui mengenai fitur serta teknologi mobil sebagai bahan pertimbangan.

Mengenal Hybrid Synergy Drive pada Mobil

Ilustrasi Cara Kerja Hybrid Synergy Drive. Sumber: Unsplash/Michael Marais
Bagi pecinta otomotif, Hybrid Synergy Drive mungkin sudah tidak asing. Dikutip dari Buku Mesin Hybrid, Wahyudi, dkk (2020), Hybrid Synergy Drive (HSD) adalah nama pada merek Toyota Corporation untuk teknologi penggerak pada mobil hybrid.
Seperti namanya, teknologi mobil ini bekerja hybrid secara penuh. Mobil-mobil dengan teknologi Hybrid Synergy Drive dapat menempuh jarak 1,5 km hingga 16 km dengan berbagai mode berkendara tanpa mengandalkan bahan bakar.
Teknologi HSD pada jenis mobil Hybrid Electric Vehicle (HEV) terdiri atas beberapa komponen utama. Komponen-komponen tersebut antara lain battery hybrid, Power Control Unit, Power Split Device (PSD), motor bakar, serta motor listrik.
ADVERTISEMENT
HSD termasuk ke dalam sistem utuh. Sebagai sistem yang utuh, HSD menggunakan teknologi penghematan konsumsi bensin. Tidak ada jeda perpindahan antara penggerak dengan motor listrik dan bensin. Bahkan HSD dapat menggabungkan keduanya saat dibutuhkan.
HSD mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi berkendara. HSD mampu mengendalikan tenaga dari bensin dan motor listrik untuk memperoleh efisiensi serta meningkatkan performa kendaraan.

Cara Kerja Hybrid Synergy Drive

Ilustrasi Cara Kerja Hybrid Synergy Drive. Sumber: Unsplash/Ralph Hutter
Masih banyak orang yang awam dengan cara kerja Hybrid Synergy Drive (HSD). Padahal sebenarnya prinsip kerjanya cukup sederhana. Pada teknologi Hybrid Synergy Drive, motor bakar tidak akan aktif saat mobil berhenti, terutama selama kapasitas baterai belum waktunya untuk diisi ulang.
Mesin mobil yang menggunakan teknologi HSD ini pada saat macet dapat menghemat bensin dalam jumlah yang cukup besar. Sementara saat akselerasi, motor listrik akan menjalankan mobil hingga kecepatan tertentu.
ADVERTISEMENT
Saat melewati jalan yang menanjak, maka motor listrik dan motor bakar akan sama-sama menyalurkan tenaga. Hal itu dilakukan agar tidak menguras bensin terlalu banyak.
Pada saat mobil melakukan pengereman, maka motor listrik nantinya akan dialihfungsikan. Gunanya untuk membangkitkan tenaga listrik dari tenaga kinetik untuk mengisi daya baterai.
Itulah cara kerja Hybrid Synergy Drive (HSD). Ternyata teknologi yang satu ini secara efisien dapat menghemat penggunaan bensin. (FAR)