News17 September 2020 19:15

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Herbal

Konten kiriman user
Bagi pemilik kulit berminyak, jerawat bisa menjadi masalah besar jika tidak segera menemukan cara menghilangkan jerawat.
ADVERTISEMENT
Ya, jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang kerap dialami baik pria maupun wanita. Apalagi jerawat yang meradang, bisa-bisa menimbulkan krisis percaya diri hingga bisa jadi penyebab borosnya dana perawatan serta pengobatan di klinik kulit.
Sejak dulu, sudah banyak obat kimia yang disarankan sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat. Akan tetapi akan lebih baik jerawat dihilangkan dengan bahan-bahan herbal yang banyak tersedia di sekitar rumah kita. Beberapa dari bahan tersebut kadang tidak kita sadari bisa jadi obat herbal untuk jerawat.

Berikut bahan-bahan herbal yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat

Daun Sirih

Daun sirih (Piper battle) merupakan tanaman merambat yang mudah ditemukan di Indonesia. Selain terbukti bisa menyembuhkan batuk, ternyata daun sirih berguna bagi kulit manusia. Kamu bisa menggunakan daun sirih baik yang berwarna hijau ataupun merah untuk membantu mencegah dan menghilangkan jerawat. Gunakan air rebusan air sirih tersebut untuk mencuci muka.
Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Herbal (212950)
Foto: Unsplash

Lemon

Lemon mengandung asam askorbat yang akan membantu kulit wajah mengikis jerawat yang timbul. Caranya tidak sulit bahkan bisa dilakukan di sela-sela menyelesaikan hal lain. Ambil buah lemon, ambil airnya dengan cara memerasnya. Usapkan air perasan lemon tersebut ke permukaan wajah, dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas hingga bersih.
ADVERTISEMENT

Air garam

Kandungan eksfoliasi yang ada pada garam akan membantu kulit mengelupas sehingga permukaan kulit yang baru akan muncul. Scrub garam akan mempercepat pengikisan tersebut dengan teksturnya yang sedikit kasar. Kamu bisa memasukkan 3 sendok makan garam ke air panas sebanyak 250 ml kemudian aduk. Rendam handuk dan tempelkan pada wajah selama 4 menit.

Alpukat

Buah alpukat mengandung vitamin E yang dapat melembutkan kulit serta mengurangi peradangan jerawat baik yang masih kecil maupun sudah besar. Alpukat bisa kamu buat menjadi pasta dengan mencampurkannya bersama madu dan oatmeal. Setelah selesai, maka oleskanlah masker racikan kamu tadi ke wajah yang sudah lebih dahulu dibasuh air hangat. Diamkan selama 15 menit.

Tomat

Buah tomat terbukti mengandung vitamin A serta C yang secara alami akan membantu kulit kamu untuk membersihkan diri dari jerawat. Caranya tentu mudah yaitu dengan mengambil satu buah tomat kemudian dipotong dua bagian. Masing-masing potongan tersebut ditempelkan ke permukaan wajah baik yang terdapat jerawat maupun tidak. Bilas wajah setelah 30 menit.
ADVERTISEMENT
Dari sekian cara menghilangkan jerawat dengan bahan herbal yang sudah disebutkan, kamu sudah menggunakan bahan yang mana?
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white