Tekno & Sains
·
29 Juli 2021 10:39
·
waktu baca 1 menit

Cara Mengurutkan Garis Bilangan dalam Matematika

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Cara Mengurutkan Garis Bilangan dalam Matematika (556380)
searchPerbesar
Ilustrasi bilangan, sumber foto: https://unsplash.com/
Dalam pelajaran matematika dasar, kita akan mempelajari jenis-jenis bilangan. Salah satu jenis bilangan adalah bilangan bulat. Kalian jangan sampai salah mengartikan bahwa bilangan bulat adalah sekumpulan bilangan yang berbentuk bulat. Aa sebenarnya yang dimaksud dengan bilangan bulat? Berikut adalah penjelasannya beserta cara mengurutkan garis bilangan dalam pelajaran matematika.
ADVERTISEMENT

Pengertian Bilangan Bulat

Cara Mengurutkan Garis Bilangan dalam Matematika (556381)
searchPerbesar
Ilustrasi bilangan, sumber foto: https://unsplash.com/
Dikutip dari buku Get Succes UN Matematika, Slamet Riyadi (2008: 2) pengertian bilangan bulat adalah bilangan yang terdiri dari bulat positif, bilangan nol, dan bilangan bulat negatif. Atau bisa dikatakan bilangan bulat adalah kumpulan atau himpunan bilangan yang nilainya bulat. Himpunan bilangan bulat dilambangkan dengan huruf z. huruf Z berasal dari kata Zahlen dalam Bahasa Jerman yang memiliki arti bilangan.
Dalam bilangan bulat ada yang disebut dengan bilangan asli atau kata lain dari bilangan positif yang terdiri dari 1, 2, 3, 4, dst. Bilangan asli terbagi menjadi bilangan asli ganjil, genap, prima dan komposit. Bilangan ganjil adalah himpunan bilangan asli yang nilainya tidak habis saat dibagi 2. Sebaliknya bilangan asli genap adalah bilangan asli yang habis saat dibagi dua. Kemudian bilangan prima adalah himpunan bilangan yang lebih dari satu dan hanya bisa dibagi dengan angka 1 atau bilangan itu sendiri. Dan bilangan asli lebih dari satu yang tidak termasuk dalam bilangan prima disebut dengan bilangan komposit.
ADVERTISEMENT

Cara Mengurutkan Garis Bilangan

Mengurutkan bilangan pada garis bilangan itu artunya menuliskan bilangan bulat dari yang nilainya terkecil ke yang nilainya besar. Pada garis bilangan semakin ke kanan berarti nilainya semakin besar sebaliknya semakin ke kiri berarti nilainya semakin kecil.
Misalnya, kalian diberikan soal ada garis bilangan dengan angka-angka yang acak atau tidak beraturan maka kalian bisa mengurutkannya pada garis bilangan dengan tepat, dengan cara mengetahui bilangan mana yang lebih kecil atau lebih besar dari bilangan yang ada.
Demikian adalah cara mengurutkan garis bilangan pada pembelajaran matematika, semoga dengan ini wawasan kita bisa bertambah terutama dalam pelajaran matematika. (WWN)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white