News
·
10 Juni 2021 9:14
·
waktu baca 2 menit

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Skripsi yang Akurat

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Cara Menulis Daftar Pustaka dari Skripsi yang Akurat (503643)
searchPerbesar
Cara Menulis Daftar Pustaka dari Skripsi, Foto: Pixabay
Tidak hanya dari buku atau situs terpercaya, referensi untuk karya tulis ilmiah juga bisa berasal dari skripsi. Oleh karena itu, cara menulis daftar pustaka dari skripsi perlu diketahui dan dipahami dengan baik. Dilansir dari buku Cara Mudah Menulis Karya Ilmiah, Natanael, (2015:20), daftar pustaka adalah suatu daftar di dalam karya ilmiah yang berisikan identitas karya ilmiah dan pengarang yang disusun secara alfabetis.
ADVERTISEMENT

Tujuan Penulisan Daftar Pustaka

Daftar pustaka ditulis bukan hanya sebagai hiasan, tetapi untuk tujuan berikut ini:
1. Menghindari Tindakan Plagiat
Jika struktur kalimat yang dikutip masih utuh, maka saat diperiksa dengan plagiarism tool, nantinya akan terdeteksi plagiat. Namun, hal itu tidak akan menjadi masalah jika karya tulis yang dikutip itu dicantumkan di daftar pustaka.
Jika tidak, maka hal itu tentu saja menurunkan kualitas dari karya tulis tersebut. Selain itu, pelakunya juga bisa tersandung kasus hukum, lho.
2. Membantu Pembaca Mendapat Informasi Kutipan dengan Lengkap
Daftar pustaka merupakan rincian dari judul karya tulis, pengarang, penerbit, dan lain-lain. Saat pembaca membutuhkan informasi lebih lanjut dari kutipan itu, maka pembaca bisa mencari buku yang tercantum di dalam daftar pustaka.
ADVERTISEMENT
Dengan begitu, daftar pustaka dapat membantu pembaca untuk memperoleh informasi yang lebih lengkap tentang buku atau karya tulis lainnya yang dijadikan referensi.

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Skripsi yang Akurat

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Skripsi yang Akurat (503644)
searchPerbesar
Cara Menulis Daftar Pustaka dari Skripsi, Foto: Freepik
Skripsi sendiri adalah karya tulis ilmiah resmi dari akhir seorang mahasiswa/i yang disusun untuk menuntaskan jenjang pendidikan Sarjana (S1). Berikut ini adalah cara menulis daftar pustaka dari skripsi:
Tulislah dengan susunan berikut:
Nama belakang, inisial penulis. (Tahun Pembuatan Skripsi). Judul tesis ditulis miring, cukup huruf paling depan dan nama merek atau toko yang ditulis dengan huruf kapital. (Skripsi, institusi, tahun). Diakses dari URL situs
Contoh:
Saputra, J. (2010). Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian di Toko Maju Terus. (Skripsi, Universitas Indonesia, 2010). Diakses dari http://lib.ui.ac.id/daftikol2?id=102
ADVERTISEMENT
Demikianlah cara menulis daftar pustaka dari skripsi. Semangat terus untuk merampungkan karya tulis ilmiahmu! Jangan lupa jaga kesehatan, yah.(BRP)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white