News
·
8 November 2020 5:33

Cara Menurunkan Berat Badan untuk Atasi Kenaikan BB Selama #dirumahaja

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Cara Menurunkan Berat Badan untuk Atasi Kenaikan BB Selama #dirumahaja (28030)
Foto: Unsplash
Bingung bagaimana cara menurunkan berat badan yang efektif, sementara berada di rumah saja membuat Anda mengalami kenaikan BB?
ADVERTISEMENT
Ya, kehidupan selama pandemi memang sangat menantang, baik secara mental maupun fisik. Karena berkurangnya aktivitas, maka hal ini tak pelak membuat jarum di timbangan bergerak jauh ke kanan. Tentunya, hal ini tidak Anda inginkan bukan?
Yuk, lakukan beberapa cara menurunkan berat badan efektif berikut, untuk atasi kenaikan BB akibat berada di rumah saja.

Penghitungan Kalori

Kebanyakan kenaikan berat badan yang dialami selama ini biasanya disebabkan karena adanya peningkatan asupan kalori. Hal ini terjadi akibat Anda mengudap secara ekstra dan menambah jumlah makanan yang Anda konsumsi.
Asupan kalori harian yang direkomendasikan rata-rata untuk orang dewasa yang sehat adalah antara 1500-2000. Cobalah untuk memenuhi jumlah ini saja, selama di rumah dengan cara mengatur menu dan kontrol apa yang masuk ke perut Anda.
ADVERTISEMENT

Cara Menurunkan Berat Badan Efektif: Diet Mediterania

Jika menghitung kalori tampaknya tidak berhasil menjadi cara untuk menurunkan berat badan, cobalah dengan melakukan diet Mediterania.
Diet Mediterania adalah diet yang sangat sehat, enak dan efektif sebagai cara menurunkan berat badan. Anda masih bisa mengonsumsi daging tanpa lemak, susu, dan anggur, tetapi secara terkontrol dan seimbang. Tak lupa, tambahkan sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan.
Diet Mediterania juga memiliki manfaat lain, seperti menurunkan tekanan darah, mencegah diabetes, dan menurunkan risiko serangan jantung serta stroke.

Diet Nabati

Diet alternatif sehat lain yang bisa menjadi alternatif cara menurunkan berat badan adalah diet nabati.
Selain dapat memenuhi semua kebutuhan nutrisi Anda, diet nabati juga dapat dilakukan untuk meningkatkan kesehatan.
ADVERTISEMENT
Mulailah dengan membatasi produk susu dan telur untuk dikonsumsi. Makan daging hanya untuk beberapa kali dalam satu minggu, dan mulailah mengonsumsi lebih banyak kacang-kacangan, biji-bijian utuh, serta sayuran.

Tambahkan Lebih Banyak Serat

Serat larut, seperti yang ditemukan dalam buah-buahan, oatmeal, kacang-kacangan, bekatul, dan gandum memiliki banyak manfaat kesehatan, selain tentunya berkontribusi pada penurunan berat badan.
Serat dapat memelihara bakteri usus, serta mengurangi peradangan, sehingga akan baik dalam meningkatkan metabolisme tubuh.
Nah, itu dia beberapa cara menurunkan berat badan efektif akibat berada di rumah saja. Lakukan mulai hari ini ya, jangan tunggu besok. (carra)