Tekno & Sains
·
10 Juni 2021 17:34
·
waktu baca 2 menit

Cara Partisi Hardisk Windows 10 secara Praktis Lengkap

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Cara Partisi Hardisk Windows 10 secara Praktis Lengkap (21367)
Cara partisi hardisk windows 10. Foto: dok. https://unsplash.com/
Dewasa ini, menyelesaikan pekerjaan dengan bantuan perangkat komputer atau laptop merupakan hal yang cukup lumrah. Meski begitu, masih banyak pengguna komputer yang belum memahami betul bagaimana cara mengoptimalkan kerja komputer yang digunakannya. Untuk memaksimalkan kerja komputer, berikut ini adalah cara partisi hardisk Windows 10 dengan langkah praktis.
ADVERTISEMENT

Cara Partisi Hardisk Windows 10 dengan Langkah Praktis

Menggunakan komputer atau laptop dalam keseharian kita merupakan hal yang sudah biasa kita temukan dalam keseharian kita. Maka dari itu mengoperasikan komputer merupakan hal yang sudah cukup sering kita lakukan. Meski sering mengoperasikan komputer sering kali kita melewatkan hal penting yang sebenarnya perlu kita perhatikan.
Hal penting yang perlu kita perhatikan selama penggunaan komputer atau laptop adalah memastikan kerja komputer atau laptop yang kita gunakan cukup optimal. Mengoptimalkan kerja komputer dapat kita lakukan dengan melakukan pembagian partisi hardisk.
Hal ini juga dijelaskan secara rinci dalam buku berjudul Langkah Cerdas Mengamankan dan Menyelamatkan Data pada Hard Disk yang disusun oleh Madcoms (2010:168) yang menyebutkan bahwa untuk dapat mengoptimalkan kinerja komputer, tentu perlu pembagian komposisi partisi yang sesuai.
Cara Partisi Hardisk Windows 10 secara Praktis Lengkap (21368)
Cara partisi hardisk windows 10. Foto: dok. https://unsplash.com/
Khusus bagi pengguna komputer dengan sistem operasi windows 10, kita dapat membagi partisi dengan cara partisi hardisk windows 10 dengan cara tersendiri. Cara partisi hardisk windows 10 dapat Anda lakukan dengan menggunakan fitur Disk Management yang ada di dalam laptop dan komputer berbasis Windows 10 milik Anda. berikut ini adalah cara partisi hardisk Windows 10 yang dapat Anda ikuti:
ADVERTISEMENT
1. Pilih menu Start pada komputer atau laptop Anda lalu ketik Diskmgmt.msc untuk membuka Disk Management.
2. Kemudian arahkan kursor pada partisi Windows 10 yang akan di bagi lalu klik kanan dengan mouse Anda.
3. Setelah itu pilih opsi Shrink Volume, lalu ketik kapasitas yang Anda butuhkan untuk partisi baru pada kolom “Enter the amount of space to shrink in MB”
4. Pilih menu Shrink setelah selesai mengisi kapasitas yang Anda butuhkan.
5. Untuk memberi nama dan format baru pada partisi, Anda perlu mengarahkan kursor Anda pada partisi Unallocated, lalu klik kanan dan pilih opsi New Simple Volume untuk membuat dan menambah partisi baru.
6. Setelah itu pilih menu Next pada tampilan New Simple Volume Wizard., kemudian pilih menu Next pada halaman Specify Volume Size yang muncul di layar Anda.
ADVERTISEMENT
7. Kemudian pilih menu “Assign the following drive letter” lalu pilih drive yang akan digunakan untuk partisi baru yang Anda buat.
8. Setelah selesai, pastikan Anda memilih NTFS yang ada pada File System, kemudian beri nama partisi yang baru Anda buat, lalu pilih opsi Next.
9. Langkah terakhir untuk menyelesaikan proses, Anda perlu memilih opsi Finish.
Cara partisi hardisk Windows 10 dapat Anda jadikan sebagai panduan untuk membuat partisi hardisk pada perangkat laptop atau komputer berbasis Windows 10 milik Anda agar komputer atau laptop Anda dapat bekerja secara optimal. Selamat mencoba! (DAP)