News
·
16 Maret 2021 16:53

Dalil Malam Nisfu Syaban tentang Keistimewaan dan Keutamaannya

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Dalil Malam Nisfu Syaban tentang Keistimewaan dan Keutamaannya (312463)
Ilustrasi malam nisfu Syaban, sumber foto : https://pixabay.com/
Setiap tahunnya kita akan melewati bulan Syaban dan dalam bulan Syaban ada salah satu malam yang dipercaya lebih istimewa dibandingkan dengan malam-malam lainnya yaitu malam nisfu Syaban yang jatuh pada tanggal 15 bulan Syaban. Jika ingin mengetahui mengenai keitimewaan dari malam nisfu Syaban tentunya sebagai umat Islam kita harus berpedoman terhadap Alquran dan Al-Hadist.
ADVERTISEMENT
Dari beberapa sumber yang ada dijelaskan bahwa terdapat beberapa hadis yang memberikan pengetahuan mengenai keistimewaan dari malam nisfu syaban namun hadist-hadist tersebut tidak semuanya shahis ada yang hadis dhaif bahkan hadis palsu. Namun ada beberapa hadis yang dijadikan pedoman dalam mengisi dan menghidupkan malam nisfu Syaban.

Hadist Tentang Malam Nisfu Syaban

Dukutip dari buku Menggapai Berkah di Bulan-bulan Hijriah karya Siti Zamratus Sa'adah yang diterbitkan oleh Pustaka Al-Kautsar terdepat beberapa hadis yang menjelaskan keistimewaan malam nisfu Syaban.
Pertama ada hadist dari Utsman bin Abil ‘Ash dari Rasulullah SAW disebutkan “Jika malam Nisfu Sya’ban datang maka akan memanggil Malikat yang memanggil: apakah ada yang meminta ampunan maka Aku akan mengampuninya? Apakah ada yang meminta sesuatu maka Aku akan mengabulkannya? Maka tiada seorangpun meminta kecuali aku akan memberikannya, kecuali orang yang berzina dengan farjinya, atau dalam keadaan musyrik.”
ADVERTISEMENT
Kedua ada hadist dari Mu’adz bin Jabal dari Rasulullah SAW bersabda”Allah melihat kepada semua hambanya di malam Nisfu Syaban, kemudian memberikan pengampunan kepada mereka semuannya kecuaci orang musyrik dan orang yang mengajak kepada perselisihan.” (Al-Baihaqi dan An-Nasa’i)
Ketiga ada hadist dari Abi Tsa’labah Al-Khasyani dari Rasulullah SAW bersabda “Jika datang malam Nisfu Syaban, maka Allah akan melihat kepada makhluk-Nya, kemudian mengampuni orang-orang yang beriman serta membiarkan orang-orang kafir dan membiarkan orang pendengki dengan kedengkiannya sampai ia memanggil-Nya.”
Jadi salah satu keistimewaan malam nisfu Syaban adalah mendapatkan pengampunan dari Allah SWT, namun ini tidak berlaku bagi mereka yang musyrik, bertengkar, pembunuh, memutus tali persaudaraan, membuka aurat, orang yang suka mengadu domba, serta orang-orang yang berbuat tercela lainnya.
ADVERTISEMENT
Demikianlah ulasan mengenai dalil yang berkaitan dengan keutamaan dan keistimewaan malam nisfu syaban. Semoga kita semua dijauhkan dari perbuatan-perbuatan tersebut dan mendapatkan pengampunan dari Allah SWT.