News
·
19 April 2021 16:00

Doa Berbuka Puasa Ramadhan dan Ibadah Sunnah Lainnya

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Doa Berbuka Puasa Ramadhan dan Ibadah Sunnah Lainnya (174799)
Ilustrasi Membaca Doa Berbuka Puasa. Sumber: https://www.pexels.com/
Menunaikan ibadah puasa merupakan kewajiban setiap umat Islam saat bulan Ramadhan tiba. Setelah melaksanakan puasa dari pagi hingga sore hari, saatnya menunggu waktu berbuka untuk melepas dahaga dan juga lapar. Namun saat berbuka puasa, kita perlu memperhatikan sederet amalan sunnah yang perlu diamalkan, salah satunya adalah membaca doa berbuka puasa Ramadhan.
ADVERTISEMENT

Doa Berbuka Puasa Ramadhan dan Sunnah Saat Berbuka Puasa

Dalam ibadah puasa Ramadhan, terdapat sederet amalan yang perlu dikerjakan agar pahala puasa Ramadhan menjadi lebih maksimal, yaitu membaca doa berbuka puasa Ramadhan dan menyegerakan berbuka puasa saat waktunya tiba.
Dalam buku berjudul Buka Puasa Bersama Rasulullah SAW: Hati-hati Jangan Sampai Puasa Anda Menjadi Sia-sia! Yang disusun oleh Muhammad Ridho al-Thurisinai (2010:124-125) dijelaskan bahwa saat berbuka puasa kita dianjurkan untuk menyegerakan berbuka dan menghindari menunda-nunda berbuka puasa, apalagi mengakhirkan. Hal tersebut merupakan sunnah Nabi yang juga disebutkan dalam hadis shahih berikut ini:
لاَيَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ
Artinya: “Senantiasa manusia di dalam kebaikan selama menyegerakan berbuka” (HR. Bukhari dan Muslim)
ADVERTISEMENT
Doa berbuka puasa Ramadhan tidak berbeda dengan doa buka puasa sunnah yang dilaksanakan di luar bulan Ramadhan. Seperti yang dijelaskan dalam buku berjudul Sukses Dunia-Akhirat Dengan Doa-Doa Harian oleh Mahmud Asy-Syafrowi (2018:520) yang menjelaskan bahwa doa buka puasa bersifat umum, karena hadits yang meriwayatkan tentang doa buka puasa tidak menjelaskan adanya doa berbuka puasa yang khusus untuk puasa sunnah ataupun puasa Ramadhan.
Berikut ini adalah doa berbuka puasa Ramadhan lengkap dengan latin dan artinya:
ذَهَبَ الظَّمَأُ، وابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وثَبَتَ اْلأَجْرُ إِنْ شَاءَاللهُ
Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah
Artinya: Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki (HR. Abu Daud)
ADVERTISEMENT
Doa berbuka puasa Ramadhan dianjurkan untuk dibaca setelah umat muslim membatalkan puasanya dengan minum seteguk air. Semoga pahala puasa Ramadhan kita diterima oleh Allah SWT. (DA)