News
·
16 April 2021 15:42

Doa Setelah Wudhu dan Fadhilah Membacanya

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Doa Setelah Wudhu dan Fadhilah Membacanya (384610)
ilustrasi berwudhu, sumber gambar: https://www.freepik.com/
Wudhu merupakan salah satu syarat penting yang harus ditunaikan ketika hendak menjalakan ibadah wajib. Ketika menjalankan ibadah sunnah, seorang muslim juga dianjurkan untuk mengawalinya dengan berwudhu terlebih dahulu agar semakin berkah ibadahnya. Apalagi jika membaca doa setelah wudhu, tentu akan ada banyak keutamaan yang bisa Anda peroleh dari amalan tersebut.
ADVERTISEMENT
Memang, amalan-amalan sunnah seperti membaca dzikir, bersedekah atau yang lainnya tidak harus diawali dengan wudhu terlebih dahulu. Akan tetapi, jika sudah menyangkut ibadah seperti sholat atau membaca alquran, maka berwudhu termasuk hal yang diwajibkan. Sehingga, nilai ibadah tidak akan sah apabila tidak diawali dengan kegiatan bersuci tersebut. Oleh karena itu, berwudhu sangat penting karena berkaitan langsung dengan fiqih ibadah.

Doa Setelah Wudhu

Meskipun membacanya bernilai sunnah, hendaknya doa setelah wudhu tetap dibaca sesudah melaksanakan wudhu. Adapun bacaan doa wudhu tersebut diantaranya sebagai berikut:
Asyhadu allah ilaaha ilaa Allah wa asyhadu anna muhamma dan ‘abduhu wa rasuuluhu. Allahummaj’alni minattawwabiin waj’alnii minal mutathahhirin waj’alni min ‘ibadikashshaalihiin.
Artinya: “Saya bersaksi tiada Tuhan kecuali Allah dan tiada sekutu bagianya, saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah. Jadikanlah aku bagian dari golongan orang-orang yang suci dan jadikan aku golongan hamba-Mu yang sholeh.”
ADVERTISEMENT
Keutamaan Doa Setelah Wudhu
Ibnu Rajab dalam kitabnya berjudul Jami al-Ulum wa al-Hikam menjelaskan bahwa keutamaan doa setelah wudhu sangatlah besar. dalam buku Kedahsyatan Manfaat Air Wudhu oleh Mukhsin Matheer (2015:147) juga dijelaskan bahwa bacaan syahadat yang terkandung dalam doa tersebut menjadi jalan bagi seorang muslim untuk semakin memperkuat iman. Selain itu, melalui lafaz shahadat tersebut, maka pintu surge akan terbuka lebih mudah bagi para hamba yang senantiasa membacanya setelah berwudhu.
Oleh karena itu, meskipun sedang dalam kondisi tergesa-gesa, hendaknya kita mampu mengamalkan doa setelah wudhu agar memperoleh fadhilah yang besar. Tentunya, membaca doa tersebut tidak akan memakan waktu lama. Oleh karena itu, akan sangat merugi jika kita membiarkan kesempatan berdoa setelah wudhu menjadi terbuang begitu saja.
ADVERTISEMENT
(DHA)