Bisnis
·
29 Januari 2021 18:02

Ekuitas adalah Istilah dalam Dunia Bisnis, Berikut Penjelasannya!

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Ekuitas adalah Istilah dalam Dunia Bisnis, Berikut Penjelasannya! (173359)
searchPerbesar
Ilustrasi Ekuitas, Foto: Dok. enterpreneurshiply.com
Pernah kamu mendengar kata ekuitas? Ekuitas adalah istilah yang sudah tidak asing lagi dalam dunia bisnis. Menurut Pernyataan Standar Akutansi Keuangan (PSAK) Tahun 2002 pasal 49, ekuitas didefinisikan sebagai hak residual atas aktiva perusahaan setelah dikurangi semua kewajiban, dengan kata lain ekuitas adalah suatu perkiraan yang mencerminkan porsi haka tau kepentingan pemilik perusahaan terhadap harta perusahaan tersebut.
ADVERTISEMENT
Sedangkan menurut Bachtiar dan Nurfadila, ekuitas adalah modal perusahaan yang merupakan hak residu atas asset perusahaan setelah dikurangi semua kewajiban. Atau dengan kata lain, ekuitas adalah salah satu sumber dana perusahaan yang berasal dari pemegang saham atau pemilik perusahaan dan laba usaha yang diperoleh perusahaan.
Kemudian menurut Raymond Budiman, ekuitas didefinisikan sebagai harta bersih yang dimiliki pemegang saham pada sebuah perusahaan. Menurutnya ekuitas dapat disebut sebagai nilai buku (book value) dari kekayaan pemegang saham.
Ekuitas dipahami sebagai harta bersih sebuah perusahaan setelah dikurangi berbagai kewajiban pembayaran yang harus dibayarkan oleh perusahaan. Sebuah perusahaan dapat dikatakan baik apabila memiliki nilai ekuitas yang baik dan cukup rinci serta nilainya lebih besar bila dibandingkan dengan nilai liabilitas atau angka yang menjadi kewajibannya.
ADVERTISEMENT

Jenis-jenis Ekuitas

Ekuitas memiliki beberapa jenis yang perlu kamu ketahui. Adapun jenis-jenis ekuitas dalam dunia bisnis diantaranya sebagai berikut:

1. Ekuitas Pemegang saham

Dalam sebuah perusahaan, ekuitas pemilik biasanya disebut sebagai ekuitas pemegang saham (stockholder equity) merupakan sejumlah uang yang dikembalikan ke pemilik saham apabila utang perusahaan dibayar dan seluruh asset yang dimiliki perusahaan dilikuidasi.

2. Ekuitas Pemilik Perusahaan

Ekuitas pemilik perusahaan mirip dengan ekuitas pemegang saham, di mana seluruh keuntungan akan masuk ke dalam kantong pemilik, sehingga nilai ekuitasnya dapat menjadi pemilik usaha. Namun keuntungan ekuitas pemilik selanjutnya juga dapat digunakan ke dalam beberapa usaha lainnya yang tidak masuk ke dalam bursa efek.

3. Ekuitas Rumah

Ekuitas rumah merupakan jumlah nilai sebuah rumah setelah dikurangi dengan nilai utang hipoteknya.
ADVERTISEMENT
Itulah arti dari ekuitas menurut ahli serta jenis-jenisnya. Semoga informasi ini membantu. (RYFA)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white