Tekno & Sains
·
21 Juli 2021 18:15
·
waktu baca 1 menit

Fungsi Ovarium dan Organ Reproduksi Wanita Lainnya

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Fungsi Ovarium dan Organ Reproduksi Wanita Lainnya (56586)
searchPerbesar
Ilustrasi fungsi ovarium dalam sistem reproduksi wanita. Sumber: Freepik
Sistem reproduksi pada wanita pada hakikatnya dirancang untuk dapat menghasilkan sel telur yang nantinya dapat dibuahi untuk menghasilkan keturunan. Secara biologis, organ reproduksi yang berperan dalam menghasilkan sel telur (ovum) itu sendiri adalah fungsi ovarium atau kandung telur.
ADVERTISEMENT
Mengetahui fungsi sistem reproduksi manusia merupakan hal yang perlu dilakukan oleh setiap pelajar. Organ reproduksi wanita itu sendiri adalah organ biologis wanita yang berperan dalam proses reproduksi atau proses memperoleh keturunan. Ada terdapat beberapa bagian yang memiliki fungisnya masing-masing, seperti fungsi ovarium untuk menghasilkan sel telur, dan rahim/uterus sebagai tempat berkembangnya embrio.
Untuk dapat mengenal apa saja fungsi dari tiap-tiap organ reproduksi wanita, simaklah ulasan singkat berikut ini!

Fungsi Ovarium dan Organ Reproduksi Lain dari Wanita

Dalam proses pembuahan/reproduksi, fungsi ovarium itu sendiri tentu memiliki peranan penting karena sifatnya yang berperan sebagai penghasil sel telur. Jika sel telur sudah matang, maka ovarium akan melepaskan sel telur tersebut melalui tuba fallopi atau saluran telur.
ADVERTISEMENT
Pada tuba fallopi itulah akan terjadi fertilisasi atau bertemunya sel telur dengan sel sperma. Jika pembuahan tersebut berhasil, maka selanjutnya sel telur akan menempel di dinding rahim/uterus hingga akhirnya berkembang menjadi embrio/janin.
Sebaliknya jika sel telur tidak berhasil dibuahi maka sel telur akan luruh bersama dengan jaringan endometrium (dinding rahim) dan mengakibatkan wanita mengalami menstruasi.
Setelah mengetahui ilustrasi peranan organ reproduksi pada wanita tadi, maka para pelajar juga harus memahami beberapa fungsi ovarium dan organ reproduksi wanita lainnya, seperti berikut ini sebagaimana yang dikutip dari Metode Cling Semua Materi Biologi Gak Pake Mikir (2011: 339).
Fungsi Ovarium dan Organ Reproduksi Wanita Lainnya (56587)
searchPerbesar
Ilustrasi bagian-bagian sistem reproduksi wanita. Sumber: Freepik
  • Ovarium/kandung telur : berfungsi menghasilkan sel telur dan hormon kelamin wanita seperti estrogen dan progesteron
  • Tuba Fallopi/saluran telur : berfungsi sebagai tempat pembuahan berlangsung (bertemunya sel telur dan sel sperma)
  • Uterus/rahim : tempat tumbuh dan berkembangnya embrio
  • Vagina/saluran kelamin wanita : berfungsi sebagai alat senggama
ADVERTISEMENT
Demikianlah ulasan singkat tentang fungsi ovarium dan organ reproduksi lainnya pada wanita yang perlu dipahami oleh para pelajar. Semoga dapat bermanfaat. (HAI)