News
·
14 Oktober 2020 10:47

Gejala Corona yang Harus Diketahui

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Gejala Corona harus dikenali dan dideteksi sejak dini. Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran dan infeksi virus yang lebih parah lagi. Gejala corona yang muncul di tiap penderita pun berbagai macam. Bahkan tak sedikit pula orang yang sudah terinfeksi virus corona ini tidak menunjukkan gejala. Namun begitu kita harus tetap mengenali apa saja gejala corona untuk antisipasi.
ADVERTISEMENT

Gejala Corona yang Umum Terjadi

Pada gejala corona yang umum terjadi ini banyak ditemukan bahkan hampir di semua orang yang terpapar virus corona. Gejala yang muncul dapat berupa demam, batuk kering hingga kelelahan. Jika setelah kontak dengan orang lalu merasakan gejala umum ini lebih baik segera untuk mengonsultasikan ke dokter untuk mendapatkan tindak lanjut yang tepat dan melaksanakan isolasi mandiri yang sesuai dengan prosedur.
Gejala Corona yang Harus Diketahui (401597)
Ilustrasi Gejala Corona. Foto: Dok. Pixabay

Gejala Corona yang Tidak Umum

Pada beberapa orang yang terinfeksi virus corona, gejala-gejala yang tidak umum dapat ditemukan pada sebagian orang yang terpapar virus corona. Gejala tersebut dapat berupa rasa nyeri di badan, mengalami nyeri tenggorokan, diare, konjungtivitas (mata merah), sakit kepala, hilangnya indera perasa dan penciuman, hingga mengalami ruam kulit atau perubahan warna pada jari tangan atau kaki.
Gejala Corona yang Harus Diketahui (401598)
Ilustrasi Gejala Corona. Foto: Dok. Pixabay
Meski gejala-gejala ini tidak umum dirasakan pada orang yang terpapar virus COVID-19, kita harus tetap harus waspada agar tidak salah langkah dalam memberikan tindak lanjut sehingga penyebaran virus ini dapat dikendalikan.
ADVERTISEMENT

Gejala Corona Serius

Gejala serius dapat muncul pada orang yang terpapar virus corona yang sudah akut. Gejala serius yang timbul dapat berupa kesulitan bernapas atau sesak napas, nyeri dada atau rasa tertekan pada dada, hingga mengalami hilangnya kemampuan berbicara dan bergerak. Jika sudah mengalami gejala-gejala serius maka dianjurkan untuk segera mencari bantuan medis dan melakukan penanganan yang tepat.
Gejala corona dari yang umum hingga gejala serius ini dapat muncul pada seseorang yang terpapar virus corona setelah 5-6 hari hingga 14 hari setelah seseorang pertama kali terpapar dan terinfeksi virus corona. Untuk mengendalikan penularan, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan, menggunakan masker saat bepergian dan menjaga jarak aman. (LA)