News
·
17 September 2020 2:44

Google Classroom dan Fitur-Fitur yang Bisa Dimanfaatkan untuk PJJ

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Google Classroom menjadi salah satu aplikasi yang akrab dengan kita sejak pandemi dimulai awal tahun 2020.
ADVERTISEMENT
Mungkin ketika Google merilis aplikasi ini di tahun 2014, mereka juga tidak mengira kalau aplikasi belajar mengajar ini bisa sepenting ini dan akan digunakan sebanyak ini. Awalnya, bahkan mereka menyatukan aplikasi ini dalam paket Google G Suite for Education yang berbayar untuk penggunaannya.
Kini, terintegrasi dengan Google Drive, Google Docs, Sheets, Form, dan Slides, juga Gmail untuk komunikasi, dan Google Calendar untuk penjadwalan, Google Classroom menjadi salah satu aplikasi yang wajib dikuasai oleh siswa, guru, maupun orang tua yang mendampingi anak-anak pembelajaran jarak jauh.
Memungkinkan para siswa sekolah yang belajar dari rumah untuk langsung berinteraksi dengan guru, Google Classroom juga menyediakan berbagai fitur agar membantu proses belajar mengajar menjadi lebih lancar.
ADVERTISEMENT

Ini dia beberapa fitur dan hal-hal yang bisa dilakukan dalam Google Classroom

Google Classroom dan Fitur-Fitur yang Bisa Dimanfaatkan untuk PJJ (288798)
Foto: Google Play

Membuat tugas

Google Classroom dapat digunakan oleh guru untuk membagi tugas ataupun pekerjaan rumah untuk dikerjakan oleh siswanya.
Untuk pembagian tugas ini, guru bisa mengunggah dokumen ataupun langsung membuat dokumen dengan Google Document, Spreadsheet, dan juga Google Form, dan para siswa akan menerima notifikasi adanya tugas ini melalui email masing-masing.
Setelah tugas selesai dikerjakan oleh siswa, mereka juga dapat langsung mengirimkannya melalui panel tugas yang sudah ada. File yang bisa dikirimkan mulai dari Google Doc, Sheet, hingga PDF dan foto.

Membuat Pengumuman

Jika ada pengumuman atau pemberitahuan dari sekolah untuk seluruh kelas, guru juga lebih mudah menginformasikannya pada seluruh siswa. Cukup dengan menulis email dan mengirimkannya kepada seluruh siswa yang sudah terdaftar emailnya di Google Classroom.
ADVERTISEMENT

Menyimpan Materi Kelas

Tak hanya untuk memberi tugas, materi pembelajaran juga bisa dibagikan ke seluruh kelas, dengan tinggal menguploadnya ke Google Drive, dan berikan URL singkat pada siswa. Masing-masing siswa dapat mengunduh materi dengan leluasa, apa pun file materinya. Video juga bisa loh.

Langsung Berinteraksi dengan Siswa

Tak hanya terjadi komunikasi satu arah dari guru pada siswa, siswa juga dapat memberikan komentar terhadap tugas dan pengumuman yang dibuat oleh guru.
Tak hanya itu, tersedia ruang chatting yang luas, yang bisa dikategorikan dalam beberapa topik, yang bisa digunakan oleh guru dan siswa untuk langsung mengobrol. Pun bisa digunakan oleh para siswa untuk chatting juga satu dengan yang lain.
Tak lupa, ada Google Meet yang juga terintegrasi ke dalam aplikasi ini, sehingga memudahkan guru ketika harus mengadakan tatap muka virtual dengan seluruh siswanya.
ADVERTISEMENT
Lengkap sekali ya, fitur Google Classroom ini? (carra)