News
·
24 Agustus 2020 23:10

Google Classroom Solusi Kelas Virtual di Masa Pandemi

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Google Classroom Solusi Kelas Virtual di Masa Pandemi (245866)
Google Classroom, solusi kelas virtual
Google Classroom dianggap sebagai salah satu platform terbaik di masa pandemi seperti ini untuk pembelajaran jarak jauh, belajar online atau kelas virtual yang bisa memaksimalkan alur kerja guru.
ADVERTISEMENT
Classroom menyediakan satu set fitur canggih yang menjadikannya alat yang ideal untuk digunakan guru dengan siswa. Kelas membantu guru menghemat waktu, menjaga kelas tetap teratur. dan juga dapat meningkatkan komunikasi dengan siswa.
Google classroom tersedia bagi siapa saja yang memiliki Google Apps for Education, rangkaian produktivitas gratis alat yaitu termasuk Gmail, Drive, dan Dokumen.

Google Classroom Mengelola Kelas Secara Virtual

Google classroom berdiri sejak 2014 silam dan tepat mencapai umur 6 tahun pada tanggal 12 agustus. Dalam waktu itu, telah berhasil menampung berjuta juta penugasan dari seluruh dunia.
Diberikan untuk guru dan siswa menunjukkan bahwa Google Classroom didukung secara luas dalam komunitas pendidikan dimaksudkan untuk membantu mengajar mengelola pembuatan dan pengumpulan tugas siswa secara virtual tanpa kertas, pada dasarnya memanfaatkan kerangka kerja Google Docs, Drive dan App lainnya.
ADVERTISEMENT
Sistem ini memungkinkan guru untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan siswanya dan lebih sedikit waktu untuk urusan administrasi.
fitur fitur Ggoogle Classroom
Berikut beberapa fitur- fitur yang sangat menunjang kelas virtual Google Classroom :
Tugas (Assignments)
Setiap tugas yang diunduh akan disimpan dan dinilai pada rangkain aplikasi produktivitas Google yang telah memunkinkan kolaborasi online ini. Daripada hanya berbagi dokumen yang berada di Google Drive siswa dengan guru, file di-host di Drive siswa dan kemudian dikirim untuk dinilai..
Penilaian (Grading)
Google Classroom mendukung banyak cara penilaian yang berbeda. Guru memiliki opsi untuk memantau kemajuan setiap siswa pada tugas di mana mereka dapat membuat komentar dan mengedit. Tugas yang diubah dapat dinilai oleh guru dan dikembalikan dengan komentar untuk memungkinkan siswa merevisi tugas dan dikembalikan. Setelah dinilai, tugas hanya dapat diedit oleh guru kecuali guru mengembalikan tugas.
ADVERTISEMENT
Komunikasi yang lancar
Pengumuman dapat diposting oleh guru ke aliran kelas yang dapat dikomentari oleh siswa yang memungkinkan komunikasi dua arah antara guru dan siswa. S
Laporan Orisinalitas
Laporan orisinalitas diperkenalkan pada Januari 2020 yang memungkinkan pendidik dan siswa untuk melihat bagian dan bagian dari karya yang diajukan yang berisi kata-kata yang persis atau mirip dengan yang dari sumber lain. Untuk siswa, ini menyoroti bahan sumber dan tanda kutip yang hilang untuk membantu siswa dalam meningkatkan tulisan mereka.
Arsip pembelajaran
Ruang Kelas memungkinkan instruktur untuk mengarsipkan kursus pada akhir semester atau tahun. Ketika sebuah kursus diarsipkan, maka akan dihapus dari beranda dan ditempatkan di area Kelas Arsip untuk membantu para guru mengatur kelas mereka saat ini. Saat sebuah kursus diarsipkan, guru dan siswa dapat melihatnya, tetapi tidak akan dapat mengubahnya hingga dipulihkan.
ADVERTISEMENT
Aplikasi seluler
Aplikasi seluler Google Classroom, diperkenalkan pada Januari 2015, tersedia untuk perangkat iOS dan Android. Aplikasi memungkinkan pengguna mengambil foto dan melampirkannya ke tugas mereka, berbagi file dari aplikasi lain, dan mendukung akses offline.
Keamanan Pribadi
Berbeda dengan layanan konsumen Google, Google Classroom, sebagai bagian dari G Suite for Education, tidak menampilkan iklan apa pun dalam antarmuka untuk siswa, dosen, dan guru, dan data pengguna tidak dipindai atau digunakan untuk tujuan periklanan.
Google Classroom mempunyai banyak fitur yang praktis, efisien dan terjamin keamanannya. Kelas pembelajaran akan tetap tersimpan meski secara online, interaksi guru dan siswa juga dapat terjadi dengan baik. Pembelajaran akan terasa lebih mudah mengingat Google Classroom ini juga dapat diakses dimana saja dan kapan saja asalkan terhubung dengan internet.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white