News
·
18 November 2020 14:43

Google Translate dan 3 Fitur Paling Banyak Digunakan

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Google Translate dan 3 Fitur Paling Banyak Digunakan (476066)
Doc : Digitaltrends
Google translate merupakan aplikasi penerjemah yang membantu penggunanya mengartikan teks dalam satu bahasa dan mengubahnya menjadi teks berbahasa lain dalam waktu singkat (real-time) dan proses translasi tanpa delay secara online.
ADVERTISEMENT
Awalnya, aplikasi ini hanya terbatas menerjemahkan dalam satuan kata dan frasa sehingga formulasi tata bahasanya buruk dan tidak akurat. Sampai akhir 2016 aplikasi ini beralih menggunakan Google Neural Machine Translation (GNMT) yang dapat menerjemahkan kalimat utuh sekaligus.

Beberapa Fitur di Google Translate yang Bisa Kamu Gunakan!

Write to Translate
Aplikasi ini memiliki fitur yang dapat mendeteksi tulisan tangan pengguna dan menerjemahkannya ke bahasa yang diinginkan. Gunakan pensil layar sentuh, jika tidak punya gunakan jari pun bisa.
Biasanya ini digunakan untuk mendefinisikan bahasa yang tidak menggunakan alfabet latin atau aksara romawi. Seperti bahasa Mandarin dengan aksara Hanzi, Thailand dengan aksara Thai, Korea dengan aksara Hangeul, Rusia dengan aksara Cyrillic, atau India dengan aksara Devanagari, dan sebagainya.
ADVERTISEMENT
Speak to Translate
Merasa sulit menuliskan kata atau kalimat yang ingin diterjemahkan? Hanya dengan mengucapkan kata atau kalimat secara langsung atau dari orang lain, aplikasi dapat mengalihbahasakannya dengan cepat. Namun, ketika menggunakan fitur ini pastikan suara yang masuk jelas dan bersih.
Artinya, tidak ada gangguan di sekeliling karena akan memengaruhi arti dari bahasa yang digunakan. Tidak beda jauh, bila tidak sesuai biasanya mesin akan secara otomatis mencari kata yang tepat atau mungkin paling mendekati.
Type to Translate
Sesuai dengan namanya, fitur utama aplikasi ini adalah kemampuan untuk mengetik sesuatu dan menerjemahkannya ke bahasa lain pilihan pengguna. Pastikan aksara yang diketik benar dan sesuai dengan bahasa yang ada.
Meskipun demikian, biasanya jika tidak sesuai aplikasi dapat secara otomatis mendeteksi kata yang tepat. Setidaknya hingga saat ini ada 103 bahasa yang bisa diterjemahkan lewat fitur ini.
ADVERTISEMENT
Itulah ketiga fitur Google translate yang paling sering digunakan. Semua fitur dalam aplikasi ini bisa kamu gunakan saat ingin menerjemahkan sebuah tulisan atau percakapan ke bahasa yang diinginkan.
(RN)