News
·
17 September 2020 1:35

Google Translate dan Aplikasi Lain untuk Maksimalkan Kegiatan Belajar di Rumah

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Google Translate dan Aplikasi Lain untuk Maksimalkan Kegiatan Belajar di Rumah (99268)
Foto: Pexels
Google Translate adalah aplikasi yang sangat bisa diandalkan ketika kita berhadapan dengan teks atau konten berbahasa asing yang sulit atau tidak bisa kita mengerti agar dapat dialihbahasakan ke bahasa yang kita pahami.
ADVERTISEMENT
Ya, produk kenamaan Google ini sering dijadikan andalan dalam menerjemahkan bahasa asing. Selain berfungsi sebagai penerjemah, aplikasi yang satu ini ternyata juga punya banyak fitur lain loh, dari yang bisa digunakan untuk membuat BeatBox hingga bahkan bisa menerjemahkan dari teks yang ada di dalam gambar.
Google Translate banyak membantu di saat-saat seperti ini, terutama bagi anak-anak yang sedang bersekolah di rumah. Untuk belajar bahasa Inggris, mereka jadi sangat tergantung pada Google Translate ini. Tugas-tugas sekolah bejibun yang datang secara daring, dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan lancar.
Selain Google Translate, ada pula produk Google lain yang juga sering digunakan oleh anak selama mereka belajar dari rumah.

Simak beragam aplikasi yang bantu maksimalkan kegiatan belajar dari rumah berikut ini

Google Classroom

Belajar secara mandiri tanpa guru yang mendampingi secara fisik tentu membutuhkan rasa disiplin dan tanggung jawab tingkat tinggi.
ADVERTISEMENT
Gunakan Google Classroom untuk membuat catatan tugas-tugas yang harus dikerjakan. Google Classroom memungkinkan penggunanya terhubung dengan produk Google yang lain seperti Gmail dan Google Calendar.
Google Classroom memungkinkan guru dapat chatting langsung dengan siswa di "kelas", membagikan dan menetapkan batas waktu untuk setiap tugas serta, melengkapinya dengan notifikasi agar para siswa tidak terlambat menyelesaikan tugas.

Google Document

Google Document bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas esai yang harus ditulis oleh siswa.
Hasilnya bisa langsung dikirimkan pada guru melalui Google Classroom. Guru bisa langsung memberi nilai, bahkan memberikan komentar di file yang sama. Interaksi pun tetap terjaga.

Google Penampil PDF

Tak sedikit tugas yang harus dikerjakan berbentuk file PDF. Sayangnya tak semua handphone support untuk mengakses file tersebut. Akali dengan mengunduh Google Penampil PDF. Oh, ya aplikasi ini tidak muncul di menu, namun kamu bisa membuka file PDF secara otomatis setelah mengunduhnya.
ADVERTISEMENT

Google Meet

Google Meet digunakan jika guru hendak bertatap muka langsung dengan siswanya melalui sambungan virtual. Kualitas video dan audionya cukup baik, serta didukung oleh banyak fitur yang memungkinkan kelas berjalan dengan lebih baik.