Tekno & Sains
·
16 Februari 2021 10:42

Hari Kebangkitan Nasional ke-113 akan Segera Datang dalam Tiga Bulan Lagi

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Hari Kebangkitan Nasional ke-113 akan Segera Datang dalam Tiga Bulan Lagi (472167)
Ilustrasi Semangat Nasionalisme Hari Kebangkitan Nasional. Sumber: Ali Yahya-Unsplash.com
Hari Kebangkitan Nasional atau Harkitnas diperingati setiap tanggal 20 Mei. Hari tersebut memperingati peristiwa bersejarah yang penting bagi Indonesia, yakni berdirinya organisasi Budi Utomo pada tanggal 20 Mei 1908 silam.
ADVERTISEMENT
Dari buku Perhimpunan Indonesia oleh Sudiyo, (2004:18) disimpulkan Budi Utomo merupakan oraganisasi yang memprakarsai gerakan awal untuk mencapai kemerdekaan Negara Indonesia. Oleh sebab itulah, tanggal berdirinya organisasi ini diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

Siapa Saja Tokoh Hari Kebangkitan Nasional Itu?

Tokoh yang menjadi inspirasi di Hari Kebangkitan Nasional adalah seorang pemuda Indonesia bersama para mahasiswa STOVIA, yaitu Dr. Soetomo, Goenawan Mangoenkoesoemo, dan Soeraji. Organisasi Budi Utomo yang mereka dirikan ditujukan untuk golongan berpendidikan Jawa.
Melalui organisasi tersebut para pemuda mulai menuangkan gagasannya bahwa Indonesia harus merdeka. Maka dapat dikatakan bahwa Budi Utomo merupakan organisasi yang bersifat sosial, ekonomi, dan kebudayaan. Lalu, kenapa para pemuda ingin menggagas kemerdekaan Indonesia dan membentuk Budi Utomo?
ADVERTISEMENT
Di masa penjajahan, rakyat Indonesia yang bukan bangsawan sangat menderita ada banyak diskriminasi rasial yang terjadi di negara ini. Selain itu, masuknya paham-paham dari Eropa dan Amerika seperti demokrasi, nasionalisme, liberalisme, dan sosialisme pun semakin membuka pemikiran pemuda Indonesia untuk berdiri di tanah sendiri, yaitu Tanah Air Indonesia.

Hal Apa yang dilakukan di Hari Kebangkitan Nasional?

Layaknya peringatan hari-hari bersejarah lainnya, di Hari Kebangkitan Nasional juga biasa diselenggarakan upacara peringatan berupa pengibaran bendera. Namun, di masa pandemi seperti ini, kita bisa membuat Harkitnas lebih bermakna walau melalui tatap muka virtual. Anda bisa mengadakan upacara bersama instansi atau lembaga pendidikan yang Anda ikuti melalui Zoom Meeting atau Google Meeting.
Selain mengikuti upacara, ada hal lain yang bisa Anda lakukan, yaitu membuat webinar untuk menumbuhkan semangat perjuangan dan rasa cinta pada Tanah Air. Lakukanlah bersama keluarga, kerabat terdekat, teman sekelas, teman sekantor, atau organisasi yang Anda ikuti guna menumbuhkan kembali rasa persatuan dan semangat memajukan Indonesia. Jadi, acara apa yang ingin Anda selenggarakan untuk memperingati Harkitnas di masa pandemi? Yuk, berusaha kreatif walau hanya dalam jaringan (daring)! (AA)
ADVERTISEMENT