News
·
23 Maret 2021 20:02

Hukum Membaca Doa Setelah Wudhu untuk Sholat

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Hukum Membaca Doa Setelah Wudhu untuk Sholat (215172)
Ilustrasi wudhu sebelum sholat. Sumber: Pixabay
Ketika seorang muslim hendak menunaikan sholat, maka orang tersebut akan melakukan wudhu terlebih dahulu untuk mensucikan dirinya. Dalam pelaksanaannya, seorang yang berwudhu perlu memenuhi beberapa hal. Misalnya saja memenuhi rukun seperti membaca niat wudhu ataupun sunnah-sunnah wudhu sepeti halnya membaca doa setelah wudhu.
ADVERTISEMENT
Mengutip keterangan dari isi buku Fiqh Islam, Sulaiman Rasjid (2019: 30) membaca doa setelah wudhu termasuk ke dalam amalan sunnah yang bisa dilakukan oleh umat muslim. Adapun bacaan doa yang dapat kita amalkan tersebut ialah sebagai berikut:

اَشْهَدُ اَنْ لَااِلٰهَ اِلَّااللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Asyhadu allaa ilaaha illalloohu wahdahuu laa syariika lahu wa asyhadu anna muhammadan 'abduhuuwa rosuuluhuu, alloohummaj'alnii minat tawwaabiina waj’alnii minal mutathohhiriina, waj'alnii min 'ibadikash shaalihiin.

Artinya: “Aku bersaksi, tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan hamba-hamba Mu yang shaleh.”

ADVERTISEMENT

Hukum Membaca Doa Setelah Wudhu dalam Hadist

Membaca doa setelah wudhu memiliki hukum yang sunnah untuk dikerjakan umat muslim. Anjuran untuk membaca doa setelah selesai berwudhu sendiri terdapat dalam isi hadist yang disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW berikut ini:

مَنْ تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الْوُضُوءَ ثُمَّ قَالَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِى مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِى مِنَ الْمُتَطَهِّرِينَ فُتِحَتْ لَهُ ثَمَانِيَةُ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ يَدْخُلُ مِنْ أَيِّهَا شَاءَ

Artinya: “Barangsiapa berwudhu dengan menyempurnakan wudhunya kemudian ia membaca doa (yang artinya) ‘Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang yang menyucikan diri.’ Maka dibukalah delapan pintu untuknya delapan pintu surga yang dapat ia masuki dari mana saja ia mau.” (HR. Tirmidzi)

ADVERTISEMENT
Tidak hanya berisi anjuran untuk membaca doa setelah wudhu, isi hadist tadi juga menjelaskan keutamaan dari membaca doa tersebut, yakni dapat membuat terbukanya delapan pintu surga bagi orang-orang yang mengamalkannya.
Sekarang kita sudah tahu bahwasanya hukum membaca doa setelah wudhu adalah sunnah, dimana jika seseorang mengamalkannya akan mendapatkan pahala bahkan dapat membuka delapan pintu surga yang bisa dimasuki olehnya sesuai isi hadist di atas. Semoga ulasan tadi bermanfaat ya! (HAI)