Food & Travel
·
19 Februari 2021 21:47

Inilah Tiga Tampilan Rumah Adat Jawa Timur!

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Inilah Tiga Tampilan Rumah Adat Jawa Timur! (82636)
Ilustrasi rumah adat Jawa Timur. Sumber: Unsplash
Rumah tradisional, atau rumah adat, adalah bangunan yang memiliki struktur, cara pembuatan, bentuk, dan corak yang berciri khas (Said, 2004:47). Rumah adat biasanya diwariskan secara turun-temurun, sebagai fasilitas untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Bentuk rumah adat tidak mengalami perubahan yang berarti, tetap begitu selama bertahun-tahun, bahkan berada-abad, karena memiliki nilai tradisi di dalamnya.
ADVERTISEMENT
Dilansir dari indonesia.go.id, berdasarkan sensus Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010, Indonesia memiliki total 1.304 suku bangsa. Dengan jumlah yang sedemikian banyak, tentu tradisi nya pun sedemikian beragam. Termasuk rumah adatnya, pasti bermacam-macam. Kadang dalam satu budaya yang tampak sama, ada lebih dari satu jenis rumah adat. Misalnya di Jawa Timur, rumah adatnya ternyata bukan hanya Joglo, loh. Apa saja rumah adat lain disana? Simak ulasannya berikut ini!

Tiga Macam Rumah Adat Jawa Timur

Rumah Joglo
Rumah Joglo menjadi rumah adat yang paling terkenal di Jawa Timur. Sekilas, rumah Joglo Jawa Timur mungkin tampak sama dengan yang ada di Jawa Tengah. Namun lihatlah lebih dekat, ternyata ada perbedaan yang cukup signifikan.
ADVERTISEMENT
Pada rumah Joglo di Jawa Tengah, terdapat tiga ruangan. Salah satunya adalah ruang pringgitan, atau ruang untuk memainkan wayang. Sedangkan rumah Joglo di Jawa Timur tidak memiliki ruang pringgitan, melainkan hanya pendopo dan ruang belakang saja.
Dari luar, rumah Joglo memiliki ciri-ciri atap berbentuk seperti gunung. Bangunan rumahnya sendiri banyak menggunakan elemen kayu, terutama kayu jati.
Rumah Adat Tengger
Seperti namanya, rumah adat ini berasal dari Suku Tengger. Rumah adat Tengger memiliki bentuk atap yang cukup unik, yakni menjulang ke atas dengan sudut yang cukup terjal.
Biasanya, di bagian teras rumah adat Tengger terdapat tempat duduk yang disebut bale-bale. Rumah adat Tengger umumnya di bangun berdekatan dengan rumah adat serupa, fungsinya agar menghalau angin besar.
ADVERTISEMENT
Rumah Adat Joglo Sinom
Rumah adat ini memiliki bentuk yang lebih kompleks dari rumah Joglo biasa. Dalam bangunan rumah adat Joglo Sinom, terdapat 36 tiang penyangga, dengan empat tiang sebagai penyangga utama (saka guru). Teras rumah adat ini dibuat keliling, dengan konsep berundak.
Wah, ternyata Jawa Timur memiliki bentuk rumah adat yang beragam ya. Bagaimana? jadi ingin masuk masuk dan melihat ke dalamnya secara langsung? (AA)

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white