News
·
23 Agustus 2020 17:39

Jadi PNS, Apa Kelebihannya?

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Jadi PNS, Apa Kelebihannya? (21760)
Ilustrasi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Rekrutmen PNS atau Calon Pegawai Negeri Sipil resmi dibuka oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) pada 11 November 2019 lalu. Banyak peserta yang berbondong-bondong untuk mendaftar rekrutmen, termasuk para generasi milenial.
ADVERTISEMENT
Mungkin beberapa orang masih berpikir, memangnya apa sih kelebihannya jadi PNS? Nah, di bawah ini beberapa uraian mengenai kelebihannya PNS yang bisa kamu simak.

Gaji PNS Naik Terus?

PNS mendapatkan kenaikan gaji setiap beberapa tahun sekali sesuai dengan kebijakan jabatannya. Kelebihan ini menjadi daya tarik tersendiri lantaran beberapa profesi non PNS lainnya belum tentu seperti ini. Kenaikan gaji PNS mencapai sekitar 5 hingga 20 persen.

Aman dari PHK

Salah satu kelebihan menjadi seorang PNS, minimnya pemutusan hubungan kerja (PHK) karena PNS merupakan sebuah profesi yang pengabdiannya telah ditentukan beberapa tahun hingga mencapai masa pensiunnya.
Biasanya, PNS baru akan pensiun jika usianya sudah mencapai 50 tahunan sesuai dengan jabatannya. PNS tidak akan dipecat jika tidak pernah melakukan pelanggaran berat, kecuali karena hal tertentu seperti berkhianat pada negara atau pelanggaran lainnya yang telah diatur sesuai undang-undang.
ADVERTISEMENT

Gaji Tunjangan

Walaupun PNS dikenal dengan gaji pokoknya yang tidak terlalu besar, tapi ada banyak tunjangan yang didapatkan. Tunjangan yang didapatkan bisa berbeda-beda setiap instansi pemerintahannya. Kebijakan tunjangan yang diberikan meliputi gaji ke-13, THR, tunjangan kinerja, dan yang lainnya.

Mendapat Gaji Pensiun

Keistimewaan menjadi PNS terakhir, masa tua sudah terjamin karena pemerintah memberikan gaji pensiunan PNS yang jumlahnya sudah diatur sesuai undang-undang. Pensiunan laki-laki yang meninggal dunia, istrinya juga akan dijamin dengan tunjangan tersebut.
Ditambah, walaupun pensiun PNS tetap mendapatkan tunjangan seperti saat aktif bekerja. Kelebihan ini biasanya yang menjadi daya tarik banyak orang mengapa memilih menjadi PNS daripada bekerja profesi lain.
Itulah beberapa kelebihan menjadi PNS. Bagaimana, apakah kamu tertarik?
ADVERTISEMENT
(RD)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white