News
·
2 November 2020 15:35

Kartu Pra Kerja akan Kembali Dibuka, Kuotanya Malah Ditambah?

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Kartu Pra Kerja akan Kembali Dibuka, Kuotanya Malah Ditambah? (84142)
Ilustrasi pendaftaran kartu prakerja. Sumber. Kumparan
Kartu Pra Kerja rencananya akan dibuka kembali, masyarakat harus mempersiapkan diri. Penantian panjang masyarakat Indonesia sepertinya akan terjawab di bulan November ini.
ADVERTISEMENT
Walaupun sempat beredar kabar gelombang 11 tidak akan dibuka kembali. Namun perlu ditunggu kejelasan kapan tanggal yang tepat untuk mendaftarnya. Belum ada konfirmasi lebih lanjut dari dari Komite Cipta Kerja atau KCK.
Hal ini berkaitan dengan kebijakan baru yang telah dikeluarkan Presiden tentang bansos yang diperpanjang hingga tahun 2021, salah satunya Kartu Prakerja. Sebelumnya Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja Rudy Salahuddin, menyatakan, pemerintah berpeluang membuka kembali pendaftaran Prakerja gelombang 11 di akhir Oktober.

Kartu Pra Kerja Kuotanya Akan Ditambah, Simak Ini!

Melansir dari beberapa sumber, Airlangga Hartarto selaku Menko Perekonomian, mengungkapkan tengah menyupayakan penambahan kuota program Prakerja dalam konferensi pers yang dilakukan secara virtual di Gedung graha BNPB pada hari Selasa tanggal 27 oktober 2020.
ADVERTISEMENT
Kami sedang berbicara dengan Kementerian Keuangan untuk ada penambahan anggaran kartu prakerja, karena ternyata demandnya masih rendah,” ucap Airlangga.
Namun begitu, ia tidak bisa menjanjikan kuota akan setinggi gelombang-gelombang sebelumnya. Pasalnya, kuota untuk gelombang 11 hanya berisi sisa dari pendaftar yang dianulir kepesertaannya pada gelombang 1-10.
Hal ini juga berkaitan dengan dicabutnya kepesertaan penerima Prakerja pada gelombang 10 kemarin. Mereka telah diberi batas waktu pada 31 Oktober kemarin untuk membeli pelatihan pertama.
Sesuai informasi pada gelombang 9, Manajemen Pelaksaan (PMO) Kartu Prakerja telah mencabut 373.745 kepesertaan Kartu Prakerja.
Ditambah yang akan dicabut karena tidak melakukan pembelian pelatihan pertama akhir Oktober lalu. Itulah yang diharapkan menjadi kuota jika pendaftaran kartu prakerja 11 jadi dibuka.
ADVERTISEMENT
Bagi Anda yang menunggu kapan Kartu Pra Kerja akan kembali dibuka, jangan lupa untuk selalu pantau di website resminya yaitu www.prakerja.go.id. (AA)