News
·
5 Mei 2021 17:38

Keistimewaan Malam Lailatul Qadar di Malam Ganjil Ramadhan

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Keistimewaan Malam Lailatul Qadar di Malam Ganjil Ramadhan (320906)
Ilustrasi Malam Lailatul Qadar. Foto: dok. https://pixabay.com
Keutamaan bulan Ramadhan yang melimpah menjadi motivasi tersendiri bagi umat Islam untuk memperbanyak ibadah. Keutamaan Ramadhan ini tersebar sepanjang bulan Ramadhan mulai dari awal Ramadhan hingga akhir Ramadhan, seperti malam lailatul qadar yang muncul di akhir Ramadhan. Berikut ini pemaparan mengenai keistimewaan malam lailatul qadar yang dapat Anda raih di akhir bulan Ramadhan ini.
ADVERTISEMENT

Keistimewaan Malam Lailatul Qadar di Akhir Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan menjadi momen yang tepat bagi seluruh umat Islam untuk meningkatkan amal dan ibadah untuk bekal di akhirat nanti. Salah satu keutamaan bulan Ramadhan terletak di dalam satu malam yang disebut dengan malam lailatul qadar. Malam lailatul qadar ini jatuh di salah satu malam di bulan Ramadhan, yaitu lebih tepatnya di salah satu dari sepuluh malam yang akhir. Hal ini seperti yang disebutkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari berikut ini:

التمِسوها في العشرِ الأواخرِ من رمضانَ، ليلةَ القدرِ، في تاسِعةٍ تَبقى، في سابِعةٍ تَبقى، في خامِسةٍ تَبقى

Artinya: “Carilah Lailatul Qadar pada sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan, pada malam yang ke sembilan tersisa, malam yang ke tujuh tersisa, malam yang ke lima tersisa” (HR. Bukhari)
ADVERTISEMENT
Keutamaan malam lailatul qadar di bulan Ramadhan tersebut tentu sangat melimpah. Keistimewaan malam lailatul qadar disebut-sebut menandingi pahala seorang muslim yang beribadah selama kurang lebih 80 tahun. Keistimewaan malam lailatul qadar tersebut dijelaskan dalam buku berjudul Memantaskan Diri Menyambut Bulan Ramadhan: Panduan Lengkap Menyambut Bulan Ramadhan dari Sebelum Ramadhan Sampai Setelahnya yang disusun oleh Abu Maryam Kautsar Amru (2018:89) memaparkan bahwa malam lailatul qadar adalah malam yang istimewa dan bernilai lebih baik dari 1000 bulan. Hal ini selaras dengan yang disebutkan dalam ayat berikut ini:

إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

ADVERTISEMENT
Artinya: “Sesungguhnya Kami menurunkan Al-Qur’an pada malam Lailatul Qadar, tahukah engkau apakah malam Lailatul Qadar itu ? Malam Lailatul Qadar itu lebih baik dari seribu bulan, pada malam itu turunlah malaikat-malaikat dan Jibril dengan izin Allah Tuhan mereka (untuk membawa) segala urusan, selamatlah malam itu hingga terbit fajar” [QS. Al-Qadar:1-5]
Penjelasan mengenai keistimewaan malam lailatul qadar dapat Anda jadikan sebagai motivasi bagi Anda untuk memperbanyak ibadah di sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan ini. (DA)