News
·
9 April 2021 22:11

Keutamaan Doa Nabi Yunus dan Dalilnya

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Keutamaan Doa Nabi Yunus dan Dalilnya (612743)
Berdzikir dan Berdoa. Foto: dok. https://www.pexels.com
Nabi merupakan manusia yang diutus Allah dengan memiliki keutamaan dan mukjizat yang khusus diberikan sebagai kelebihan dan anugerah. Salah satu Nabi yang kita kenali adalah Nabi Yunus, salah satu nabi yang memiliki kisah yang dapat kita teladani dan juga bahkan menjadi sunnah yang dapat kita amalkan dalam kehiduapn kita, salah satunya adalah doa nabi Yunus.
ADVERTISEMENT

Doa Nabi Yunus dan Pengamalannya Dalam Kehidupan

Dalam Alquran maupun Hadist yang dijadikan sebagai sandaran hukum umat Islam terdapat sederet kisah tentang Nabi utusan Allah, yang dapat menjadi teladan bagi umat muslim yang hidup setelah mereka. Salah satu kisah adalah tentang Nabi Yunus saat berada di dalam perut ikan Nun.
Kisah Nabi Yunus dalam Perut Ikan Nun ini juga disebutkan dalam buku berjudul Dahsyatnya Doa Para Nabi yang disusun oleh Syamsuddin Noor, S.Ag. (2008:288) yang menyebutkan bahwa saat Nabi Yunus AS berada di dalam ikan Nun, dalam kedaan payah dengan cedera karena berada di dalam perut ikan nun selama berhari-hari sehingga Allah SWT memerintahkan ikan Nun untuk mengeluarkan Nabi Yunus AS dari dalam perutnya.
ADVERTISEMENT
Tak hanya sampai situ, selama di dalam perut ikan Nun, Nabi Yunus terus membaca doa yang berisi permohonan ampun kepada Allah atas dosa yang telah dilakukannya dan juga pengakuan dosa yang dilakukan oleh diri Nabi Yunus. Hal ini seperti yang tertuang dalam surat Al Anbiya ayat 87 berikut ini:

وَذَا النُّونِ إِذْ ذَهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ أَنْ لَنْ نَقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادَىٰ فِي الظُّلُمَاتِ أَنْ لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Artinya: Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap: "Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim". (QS. Al Anbiya:87)
ADVERTISEMENT
Keutamaan doa Nabi Yunus adalah doa yang biasa dibaca Rasulullah ketika sedang bersedih. Rasulullah mencontohkan mengamalkan doa Nabi Yunus ini dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari berikut ini:

دَعْوَةُ ذِى النُّونِ إِذْ دَعَا وَهُوَ فِى بَطْنِ الْحُوتِ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّى كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ. فَإِنَّهُ لَمْ يَدْعُ بِهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ فِى شَىْءٍ قَطُّ إِلاَّ اسْتَجَابَ اللَّهُ لَهُ

Artinya: “Doa Dzun Nuun (Nabi Yunus) ketika ia berdoa dalam perut ikan paus adalah: laa ilaaha illaa anta subhaanaka innii kuntu minazh zhaalimiin (Tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk di antara orang-orang yang berbuat aniaya). Sesungguhnya tidaklah seorang muslim berdoa dengannya dalam suatu masalah melainkan Allah kabulkan baginya.” (HR. Tirmidzi no. 3505)
ADVERTISEMENT
Pemaparan singkat mengenai doa Nabi Yunus tersebut dapat Anda jadikan sebagai panduan untuk menambahkan amalan sunnah harian Anda untuk memperbanyak pahala. Semoga bermanfaat. (DA)