Tekno & Sains
·
22 Februari 2021 20:42

Macam-macam Sumber Energi Panas dan Cara Perpindahannya

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Macam-macam Sumber Energi Panas dan Cara Perpindahannya (898)
Ilustrasi Sumber Energi Panas. Sumber: Yaoqi LAI-Unsplash.com
Secara sederhana, sumber energi panas dapat diartikan sebagai hal-hal yang dapat menghasilkan panas. Di bumi ini terdapat beberapa sumber yang mampu menghasilkan energi panas misalnya, energi panas bumi (geotermal), matahari dan api.
ADVERTISEMENT

Macam-macam Sumber Energi Panas

  • Energi panas bumi, yaitu sumber energi panas yang berasal dari bebatuan di dalam bumi. Jenis energi panas ini biasa disebut dengan istilah geotermal. Energi panas bumi ini bisa dimanfaatkan untuk sumber energi alternatif penghasil listrik.
  • Matahari adalah sumber energi panas terbesar di alam semesta. Panas matahari dimanfaatkan oleh manusia untuk menjemur pakaian, menjemur makanan, dan sebagai pembangkit listrik tenaga surya. Sedangkan tumbuhan, memerlukan matahari untuk melakukan fotosintesis.
  • Api, energi panas dari api sangat bermanfaat bagi manusia sebab hampir di setiap kondisi manusia memerlukannya seperti untuk memasak, membakar, menyalakan lilin, dan sebagainya. Namun, berhati-hatilah dengan sumber energi panas yang satu ini sebab bisa menimbulkan bahaya kebakaran jika tidak bijak menggunakannya.
ADVERTISEMENT

Cara Perpindahan Energi Panas

Setelah memahami macam-macam sumber energi panas, maka tak lengkap jika tak memahami cara perpindahan energi panas. Yups! Energi panas dapat berpindah, berikut adalah penjelasan lengkapnya yang dilansir dari buku Perpindahan Kalor dan Massa (Sulaiman, dkk., 2012: 90 – 92).
  1. Konduksi, yakni perpindahan energi panas yang mengalir dari tempat bersuhu tinggi ke tempat yang bersuhu lebih rendah dengan menggunakan media penghantar panas.
  2. Konveksi, yakni perpindahan energi panas yang terjadi antara permukaan padat dengan fluida (zat cair) yang mengalir di sekitarnya. Contohnya adalah saat kamu memasak air dengan panci di atas kompor. Ketika panci panas, maka suhu air pun akan meningkat.
  3. Radiasi, yakni perpindahan energi panas yang terjadi tanpa medium perantara. Contoh paling nyatanya adalah energi panas yang masuk ke dalam bumi.
ADVERTISEMENT
Sekarang, sudah paham tentang sumber energi panas dan cara perpindahannya, kan? Cobalah cari energi panas di sekitarmu dan pahami cara perpindahannya, ya! Semoga berhasil. (AA)

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white