Food & Travel
·
1 Maret 2021 14:24

Makanan Khas Betawi yang Wajib Untuk Dicoba

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Makanan Khas Betawi yang Wajib Untuk Dicoba (466380)
Makanan khas Betawi kerak telor. Foto: pixabay
Jika Anda sedang berada di Jakarta, tak ada salahnya untuk mencicipi kuliner makanan khas Betawi yang memiliki cita rasa yang khas, lezat dan sungguh menggugah selera.
ADVERTISEMENT
Dengan melakukan wisata kuliner masakan khas Betawi, sedikit banyak kita akan mengetahui suatu unsur budaya dan juga adat istiadat masyarakat setempat.
Sesuai dengan tulisan Avenzora dkk, dalam bukunya yang berjudul The Business Potentials of Betawi Traditional Culinary on Traditional Culinary Ecotourism Market in the DKI Jakarta tahun 2014 menyebutkan bahwa:
Kuliner bukan hanya sebagai pemenuh kebutuhan fisiologis manusia, tetapi kuliner juga merupakan representasi sosial budaya dari sebuah masyarakat.

Daftar makanan khas Betawi yang wajib dicoba

Berikut ini adalah berbagai makanan khas Betawi yang wajib untuk dicoba saat wisata kuliner di Jakarta:
Nasi uduk Betawi
Berbeda dengan nasi liwet asal Solo, nasi uduk Betawi memiliki cita rasa yang khas, dengan rasa gurih santan dan dilengkapi dengan sambal, ayam dan juga taburan bawang. Nikmat!
Kerak Telor
ADVERTISEMENT
Barangkali ada yang belum tahu, kerak telor merupakan menu masakan khas Betawi yang banyak disukai karena rasanya yang sangat khas. Terbuat dari beras ketan putih, telur ayam atau bebek, dan ebi yang disangrai kering sampai menjadi serundeng, telur dimasak di atas wajan dengan api kecil, kemudian ditambah bawang goreng, dan diberi bumbu halus seperti kelapa sangrai menjadikan kerak telor adalah sajian yang sangat sulit dilupakan.
Gado-gado Betawi
Dalam bahasa Betawi, gado-gado artinya adalah campur-campur, dan memang demikian adanya masakan khas yang satu ini. Berbagai jenis sayur rebus berupa kacang panjang, kentang, tahu, tempe dan telur yang disiram dengan bumbu kacang. Ditambah lagi taburan kerupuk menjadikan hidangan ini terasa begitu lezat dan menjadi hidangan favorit bagi banyak orang.
ADVERTISEMENT
Semur jengkol
Semur jengkol menjadi hidangan favorit bagi sebagian orang, karena hidangan yang satu ini memasak jengkol yang pahit dan beraroma tajam menjadi empuk dan lezat.
Soto Betawi
Bila biasanya hidangan soto berkuah bening atau berkuah kuning, namun soto betawi berbeda, hidangan yang satu ini menggunakan santan dan jeroan sapi yang tentunya menjadikannya lebih spesial.
Bagaimana? Tertarik mencoba makanan khas Betawi di atas? (Adelliarosa)