News
·
1 April 2021 18:08

Makna Bacaan Syahadat yang Perlu Dipahami Umat Muslim

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Makna Bacaan Syahadat yang Perlu Dipahami Umat Muslim (356516)
Ilustrasi pentingnya syahadat dalam islam. Sumber: Unsplash
Dua kalimat syahadat merupakan poin pertama yang menjadi penegak keislaman seorang muslim. Itu sebabnya ketika seorang non muslim memutuskan untuk masuk islam atau menjadi mualaf, maka orang tersebut diwajibkan untuk membaca dua kalimat syahadat terlebih dulu.
ADVERTISEMENT
Dalam agama islam sendiri, kalimat syahadat mengandung makna penyaksian atau kesaksian seorang hamba atas keesaan Allah SWT sebagai tuhan yang berhak untuk disembah dan sebagai satu-satunya tuhan tempat seluruh makhluk bergantung. Disamping itu, kalimat syahadat juga mengandung penyaksian kita terhadap Nabi Muhammad SAW sebagai utusan-Nya yang terpilih untuk mengajarkan syariat islam kepada umat muslim.
Mengutip dari Buku Pintar Agama Islam, Suprihadi (2013: 62), bacaan dua syahadat sendiri juga dianggap sebagai hal krusial rukun islam yang berisi pengakuan dan kesaksian lahir batin dari umat muslim terhadap keesaan Allah dan pengakuan terhadap nabi Muhammad sebagai utusan yang diberikan wahyu oleh-Nya sebagaimana isi kandungan dua kalimat syahadat berikut ini:

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

Asyhadu an laa ilaaha illallaahu, wa asyhaduanna muhammadar rasuulullah

Artinya: "Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah".

ADVERTISEMENT

Bacaan Syahadat dalam Kumandang Adzan dan Bacaan Sholat

Tidak hanya menjadi syarat wajib bagi seorang mualaf untuk masuk islam, nyatanya kalimat syahadat juga sering dibacakan oleh umat muslim dalam kehidupan setiap harinya. Pasalnya bacaan syahadat tersebut dapat kita dengar dan lantunkan dalam kumandang adzan setiap lima waktu dalam sehari. Disamping itu, saat umat muslim mengerjakan sholat baik fardhu ataupun sunnah sekalipun kita akan membaca syahadat saat tahiyat akhir.
Berdasarkan hal tesebut, apabila kita mengerjakan sholat, maka kita juga senantiasa memberikan kesaksian atas keesaan Allah dan kesaksian atas nabi Muhammad SAW sebagai utusan-Nya. Pasalnya saat sholat tersebut kita sebenarnya juga membaca kalimat syahadat setiap harinya. Selain itu, pada dasarnya menjalankan sholat lima waktu sendiri termasuk poin kedua dalam dasar ditegakkannya islam setelah membaca syahadat. Oleh karena itu, dirikanlah perintah sholat untuk memperkuat keislaman kita sebagai seorang hamba Allah SWT.
ADVERTISEMENT
Semoga ulasan singkat tentang makna bacaan syahadat tadi dapat memberikan manfaat. (HAI)