Tekno & Sains
·
15 September 2021 17:33
·
waktu baca 2 menit

Mengapa Air Penting bagi Manusia? Ini 5 Manfaat Air untuk Kehidupan Sehari-Hari

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Mengapa Air Penting bagi Manusia? Ini 5 Manfaat Air untuk Kehidupan Sehari-Hari (404699)
searchPerbesar
Manfaat air. Sumber: pixabay.com
Air adalah senyawa yang memiliki fungsi sangat penting bagi makhluk hidup. Setiap harinya seluruh makhluk hidup membutuhkan air untuk keberlangsungan hidup mereka. Selain itu, air juga menjadi hal utama dalam budidaya pertanian, industri, transportasi, hingga pembangkit tenaga listrik. Lantas, mengapa air penting bagi manusia?
ADVERTISEMENT
Tanpa adanya air, maka keberlangsungan seluruh makhluk hidup di bumi akan terancam karena tidak bisa bertahan hidup. Air termasuk ke dalam kategori sumber daya alam yang bisa diperbarui dan menjadi bagian dari komponen abiotik dalam ekosistem. Ketersediaan air di Bumi berasal dari daur air yang tidak berhenti. Salah satunya melalui hujan yang turun ke bumi.

Mengapa Air Penting bagi Manusia?

Mengapa Air Penting bagi Manusia? Ini 5 Manfaat Air untuk Kehidupan Sehari-Hari (404700)
searchPerbesar
Manfaat air. Sumber: pixabay.com
Sering kali muncul pertanyaan, “Mengapa air penting bagi manusia?” Padahal sudah jelas keberadaan air sangat dibutuhkan oleh manusia dan makhluk hidup lainnya. Berikut adalah 5 manfaat air untuk kehidupan sehari-hari yang dikutip dari buku Air Sumber Kehidupan karya Bekti Nuryani (2019).
1. Memenuhi Cairan dalam Tubuh
Selain makan, manusia juga butuh air sebagai minuman mereka untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Kadar air dalam tubuh manusia berkisar 50-80% sehingga membutuhkan cairan yang cukup.
ADVERTISEMENT
2. Membantu Kegiatan Sehari-Hari
Berbagai kegiatan yang biasa kita lakukan setiap harinya tentu tidak terlepas dari kebutuhan kita akan air. Mulai dari kegiatan mencuci pakaian, mencuci piring, mandi, dan sebagainya pasti membutuhkan air.
3. Terhindar dari Berbagai Penyakit
Air bersih juga berfungsi untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh manusia. Jadi, secara tidak langsung fungsi air adalah agar tubuh manusia terhindar dari berbagai penyakit, seperti diare, disentri, kolera, keracunan, dan lainnya.
4. Sebagai Irigasi Pertanian
Bagi para petani, air juga bermanfaat sebagai irigasi pertanian yang membantu kesuksesan hasil panen mereka. Jika air tercemar, maka hal tersebut akan mengganggu kesuburan tanaman.
5. Menjaga Ekosistem Lingkungan
Air di Bumi ini sangat bermanfaat dalam menjaga keberlangsungan ekosistem lingkungan. Selain itu, air juga bisa menjadi saran rekreasi pembelajaran.
ADVERTISEMENT
(Anne)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white