News
·
13 Oktober 2020 19:03

New Normal Bagi Para Penyelam, Ini Panduan Khususnya

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
New Normal Bagi Para Penyelam, Ini Panduan Khususnya (150315)
searchPerbesar
New Normal Foto: Dok: Maulana Saputra/kumparan.
New normal, istilah yang digunakan untuk menghadapi virus corona dengan berbagai protokol kesehatan. Jika dulunya aktivitas dibatasi, seperti bekerja dari rumah, penutupan tempat wisata, dan lainnya, sekarang sudah bisa melakukan aktivitas biasanya. Akan tetapi, perlu menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan rajin mencuci tangan.
ADVERTISEMENT
Salah satu aktivitas yang cukup banyak disukai adalah menyelam. Di masa new normal ini, para penyelam sudah bisa kembali melakukan aktivitasnya. Para penyelam diharuskan menggunakan masker selama berada di area wisata selam. Selain itu, para penyelam juga diharuskan menjaga kebersihan dengan menggunakan hand sanitizer dan mencuci tangan.

Panduan Khusus Lainnya di Masa New Normal Bagi Para Penyelam

1. Wajib Cek Suhu Tubuh

Saat memasuki kawasan wisata selam, para pelanggan diwajibkan untuk melakukan pengecekan suhu tubuh. Hal ini merupakan salah satu protokol kesehatan yang diterapkan di mana saja. Suhu tubuh wisatawan tidak diperbolehkan masuk apabila melebihi dari 37,3°C. Apabila saat pemeriksaan pertama tinggi, maka akan dilakukan pemeriksaan lagi.
Pemeriksaan akan dilakukan dengan interval lima menit. Apabila saat pemeriksaan selanjutnya suhu tubuh masih tinggi, maka sudah dipastikan untuk tidak diperbolehkan masuk.
ADVERTISEMENT

2. Mengisi Daftar Registrasi

Setelah dilakukannya pengecekan suhu tubuh, seseorang harus mengisi daftar registrasi di lokasi wisata. Pengisian dimulai dari nama wisatawan, nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat tempat tinggal, dan pertanyaan yang terkait dengan riwayat kesehatan dan perjalanan. Hal ini mencegah untuk risiko terinfeksi virus dari orang tanpa gejala.

3. Menjaga Jarak

Panduan khusus lainnya yang harus dilakukan adalah menjaga jarak dengan minimal satu meter. Sebelumnya, aturan wisata selam pernah menerapkan untuk menjaga jarak minimal dua meter. Akan tetapi banyak yang protes dan memberikan masukan. Alhasil, para wisatawan harus menjaga jarak minimal satu meter sesuai dari Kementerian Kesehatan.
Para wisatawan harus menggunakan masker selama di area wisata, menjaga kebersihan, dan segera melapor jika merasa tidak sehat. Selain itu, jika ditemukan penderita Covid, maka pelaku usaha akan berkoordinasi dengan Satgas Covid Daerah. Itulah panduan khusus bagi para penyelam selama new normal.(Ang)
ADVERTISEMENT