News
·
2 September 2020 15:26

Nonton Drama Korea Banyak Manfaatnya, Apa Saja?

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Nonton Drama Korea Banyak Manfaatnya, Apa Saja? (210142)
Ilustrasi Foto Bahagia, Foto: Dok. Clay Bank Unsplash
Nonton Drama Korea adalah kegiatan yang sering dilakukan oleh generasi milenial masa kini. Terlebih lagi selama pandemi covid19 ada di Indonesia dan pemberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) membuat beberapa orang menghibur diri dengan menonton Drama Korea. Terdapat berbagai daya tarik dari Drama Korea yang membuat penonton betah berlama-lama menyaksikannya, mulai dari pemeran yang tampan dan cantik, budayanya, alur cerita, hingga sinematografi yang ciamik.
ADVERTISEMENT
Ternyata Nonton Drama Korea banyak manfaatnya, lho! Berdasarkan International Journal of Environmental Research and Public Health Tahun 2020, Drama Korea atau yang akrab disebut K-Drama berpengaruh untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perubahan perilaku bagi mereka yang mengalami gejala depresi serta mereka yang mengalami depresi atau kecemasan. Kenapa bisa begitu ya? Simak ulasannya dibawah ini.

Sederet Manfaat Nonton Drama Korea

Nonton Drama Korea Banyak Manfaatnya, Apa Saja? (210143)
Ilusrasi Stress, Foto: Ah Nguyen Unsplash

• Memberikan Latihan Mental

Dilansir dari beberapa sumber jurnal serta situs kesehatan mental internasional, dijelaskan bahwa saat menonton film secara tidak langsung otak juga bekerja dengan membayangkan adegan yang terjadi pada film tersebut. Ini adalah stimulasi yang baik bagi otak. Bahkan, menonton Drama Korea bergenre crime dan thriller dapat menantang diri untuk memperhatikan cerita yang rumit. Hal tersebut melatih otak untuk mengingatnya dari episode ke episode.
ADVERTISEMENT

• Mengatasi Stres

Jika kamu mengalami stress tandanya kamu memerlukan aktivitas yang sehat untuk mengatasinya. Salah satunya dengan menonton Drama Korea karena kerja sistem limbik (himpunan susunan otak) yang dirangsang dengan cara yang benar akan memicu pelepasan serotonin (hormon yang merangsang rasa Bahagia) dan dopamin. Senyawa kimia ini diketahui dapat membantu menghasilkan perasaan Bahagia dan nyaman. Oleh sebab itu, menonton K-Drama dapat membantu kamu mengatasi stress.

• Memberikan Motivasi

Menonton Drama Korea ataupun film dapat menginspirasi kamu melalui adegan serta karakter tokohnya. Melalui menonton beberapa K-Drama kamu akan lebih memiliki pengetahuan mengenai budaya, sisi baik, serta sisi buruk dalam cerita. Pada saat ini, jalan cerita yang bagus akan menginspirasi kamu untuk memiliki pikiran yang positif, terbuka, dan berani untuk mencoba hal baru. (AA)
ADVERTISEMENT