News
·
16 Juli 2021 16:48
·
waktu baca 1 menit

Pantun dan Jenis-Jenisnya Berdasarkan Isi

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Pantun dan Jenis-Jenisnya Berdasarkan Isi (1075341)
searchPerbesar
Menulis pantun. Foto: dok. https://pixabay.com/
Pantun adalah salah satu jenis puisi yang sudah cukup familiar bagi kita. Hal ini karena pantun memiliki beberapa macam jenis yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Untuk mengetahuinya, berikut ini adalah pemaparan singkat mengenai definisi pantun lengkap dengan sederet jenis pantun berdasarkan isinya.
ADVERTISEMENT

Definisi Pantun Lengkap dengan Jenis-Jenisnya Berdasarkan Isi

Seperti yang kita ketahui bahwa pantun adalah jenis puisi lama yang cukup banyak digunakan masyarakat, khususnya di Indonesia. Pengertian pantun ini disebutkan dalam buku berjudul Sastra Indonesia Lengkap yang disusun oleh Tim Sastra Cemerlang (2018:33) menyebutkan bahwa pantun merupakan puisi melayu lama asli indonesia yang terdiri dari sampiran dan isi dengan rima a-b-a-b.
Pantun yang berasal dari bahasa jawa kuno yang berarti mengatur dan menyusun ini berisi makna yang penting. Di samping keindahan larik dan rima serta irama yang ada di dalamnya, pantun ini rupanya memiliki makna atau isi pesan khusus yang ingin disampaikan pada pendengar pantun tersebut.
Pantun dan Jenis-Jenisnya Berdasarkan Isi (1075342)
searchPerbesar
Isi atau pesan khusus pada pantun membuat pantun memiliki berbagai macam jenis. Jenis-jenis pantun berdasarkan isi disebutkan secara rinci dalam buku berjudul Master Bahasa Indonesia yang disusun oleh Ainia Prihantini (2015:205) yang menyebutkan bahwa jenis pantun berdasarkan isinya dapat terbagi menjadi beberapa jenis, antara lain pantun adat, pantun agama, pantun budi, pantun jenaka, pantun kepahlawanan, pantun kias, pantun nasihat, pantun percintaan, pantun perpisahan, pantun peribahasa, pantun teka-teki, dan masih banyak lagi.
ADVERTISEMENT
Masing-masing jenis pantun tersebut tentu dibedakan berdasarkan dengan isi atau pesan yang tertulis di dalamnya. Misalnya pantun nasihat yang berisi nasihat dan pantun jenaka yang berisi guyonan untuk menghibur. Hal tersebut juga dipaparkan dalam buku berjudul Pengantar Teori Sastra: Elmatera yang disusun oleh Dr. Surastina, M.Hum (2018:16) yang menyebutkan pantun nasihat adalah pantun yang memiliki tujuan untuk memberi nasihat. Sedangkan pantun jenaka adalah pantun yang berisi unsur-unsur komedi dan biasanya dapat memunculkan tawa
Itu dia pemaparan singkat mengenai definisi pantun adalah puisi lama dan juga jenis-jenis pantun yang dibedakan berdasarkan isinya. Pantun apa yang sering Anda jumpai? (DAP)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white