Food & Travel
·
19 Februari 2021 20:31

Penulisan Surat Pengunduran Diri dan Penggunaannya yang Tepat

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Penulisan Surat Pengunduran Diri dan Penggunaannya yang Tepat (146800)
Menulis Surat Pengunduran Diri. Foto: dok. Pixabay
Surat pengunduran diri merupakan salah satu surat yang bersifat formal dan resmi. Surat pengunduran diri ini diajukan dengan beberapa sebab dan juga tata cara menulis yang perlu diperhatikan. Tata cara penulisan surat pengunduran diri serta penggunaan dan fungsinya dapat Anda ketahui dalam ulasan berikut ini.
ADVERTISEMENT

Definisi Surat Pengunduran Diri dan Syarat Penulisannya

Surat pengunduran diri adalah surat resmi yang juga bersifat formal. Seperti yang dijelaskan dalam buku yang ditulis oleh Anton Suratno, MA., Ph.D berjudul Menulis Surat Berbahasa Inggris Business Letter Writing (2020:29) Surat formal atau surat resmi ditulis untuk keperluan bisnis atau profesional dengan tujuan yang berkaitan dengan urusan-urusan bisnis antara kedua belah pihak yang berkomunikasi melalui surat tersebut.
Surat formal ditulis dengan ragam bahasa yang formal, ringkas serta mudah dibaca dan dipahami. Definisi ini sesuai dengan ciri-ciri surat pengunduran diri yang harus ditulis dengan singkat dan padat. Selain itu, surat pengunduran diri juga harus ditulis dengan bahasa yang formal dan juga teratur.
Surat pengunduran diri dituliskan dengan tujuan tertentu. Seperti yang tertulis dalam buku berjudul Panduan Lengkap Memasuki Dunia Kerja (2008:71) surat pengunduran diri dapat dibuat oleh pelamar kerja untuk menolak tawaran pekerjaan yang diberikan.
ADVERTISEMENT
Surat pengunduran diri juga merupakan surat yang penting, sesuai yang tertulis dalam buku berjudul Buku Pintar Pekerja Terkena PHK (2015:107) surat pengunduran diri ditulis untuk arsip administrasi perusahaan. Sesuai dengan peraturan yang terdapat dalam pasal 162 ayat (3) huruf (a) UU No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan menyatakan bahwa pekerja yang ingin mengundurkan diri harus membuat sebuah surat pengunduran diri.
Dalam surat pengunduran diri juga tertulis, alasan pengunduran diri yang jelas tanpa berbelit-belit. Tak hanya itu, surat pengunduran diri juga perlu dituliskan pernyataan terima kasih kepada pihak perusahaan yang telah menerima Anda. hal tersebut nantinya akan meninggalkan kesan baik untuk perusahaan yang Anda tinggalkan sehingga dapat terus menjalin hubungan baik dengan perusahaan lama.
ADVERTISEMENT
Demikian saran penulisan surat pengunduran diri dan juga fungsi surat pengunduran diri yang perlu Anda pahami agar Anda dapat membuat surat pengunduran diri dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat. (DA)

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white