News
·
23 Juli 2021 9:03
·
waktu baca 2 menit

Peringatan Hari Anak Nasional 23 Juli 2021: Tema dan Maknanya

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Peringatan Hari Anak Nasional 23 Juli 2021: Tema dan Maknanya (48536)
searchPerbesar
Peringatan Hari Anak Nasional sumber foto: https://pixabay.com/
Hari ini, Jumat, 23 Juli 2021, keluarga Indonesia memperingati hari istimewa yaitu Peringatan Hari Anak Nasional 2021. Meski Indonesia sedang dalam masa-masa yang kurang membahagiakan akibat pandemi COVID-19 yang belum usai dan turun kasusnya, namun kita tetap harus bersuka cita untuk anak-anak Indonesia. Seperti apa tema dan makna logo perayaan hari anak nasional yang akan digelar secara virtual oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak? Berikut ini ulasan singkatnya.
ADVERTISEMENT

Peringatan Hari Anak Nasional 23 Juli 2021: Tema dan Maknanya

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga dalam konferensi pers virtual menyambut Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2021, memastikan kalau Perayaan Hari Anak Nasional akan digelar secara virtual atau dalam jaringan (daring) ini yang akan menjangkau anak-anak di 34 provinsi Indonesia.
Untuk tahun 2021 ini, tema Hari Anak Nasional adalah Anak Terlindungi, Indonesia Maju dengan tagline #AnakPedulidiMasaPandemi dan subtema Hari Anak Nasional 2021, adalah:
  1. Anak Cerdas Terliterasi
  2. Anak Gembira dengan Asah, Asih, Asuh
  3. Anak Sehat dan Gembira
  4. Anak Cerdas, Kreatif, dan Informatif
  5. Anak Resiliensi Tangguh dengan Kasih Sayang
Peringatan Hari Anak Nasional 23 Juli 2021: Tema dan Maknanya (48537)
searchPerbesar
sumber foto: https://www.kemenpppa.go.id/
Makna tema Hari Anak Nasional, berdasarkan uraian dari website resmi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia https://www.kemenpppa.go.id/ (diakses hari Jumat, 23 Juli 2021 pukul 8.30 WIB) adalah sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
  • Memastikan anak-anak tetap di rumah dan bergembira selama masa pandemi COVID-19
  • Momentum untuk menunjukkan anak-anak Indonesia tetap berprestasi, gembira, kreatif dan inovatif meskipun berada di rumah selama COVID-19
  • Bentuk penghormatan, perlindugan dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa
  • Mewujudkan Indonesia Layak Anak (IDOLA) 2030
Peringatan Hari Anak Nasional 23 Juli 2021: Tema dan Maknanya (48538)
searchPerbesar
sumber foto: https://www.kemenpppa.go.id/
Sedangkan makna logo Hari Anak Nasional 2021, adalah
1. 3 Anak yang memegang bendera merah putih:
Setiap anak termsuk anak disibil
Yang dapat diraih dengan doa, semangat dan dukungan keluarga. Anak sebagai generasi penerus bangsa, perlu didukung dan dilindungi, agar tumbuh sebagai manusia dewasa yang berjiwa Pancasila di bawah naungan sang saka merah putih.
2. Warna Merah dan Putih:
Menjadi kebersamaan dan nasionalisme anak-anak Indonesia untuk tetap kreatif dan bersemangat tetap saling mendukung dalam melewati masa sulit.
ADVERTISEMENT
3. Garis berwana abu:
Situasi akibat pandemic COVID-19, yang berdampak pada dunia anak-anak dengan perubahan pola hidup, tetap harus diupayakan terpenuhi haknya, bergembira dan penuh kreativitas, dalam perlindungan keluarga.
Peringatan Hari Anak Nasional 2021 akan diselenggarakan via Zoom Meeting oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, serentak di 34 provinsi Indonesia mulai dari pukul 10.00 WIB. Selamat Merayakan Hari Anak Nasional Indonesia di tahun 2021 ini. Anak Terlindungi! Indonesia Maju!(IJS)