News
·
12 April 2021 20:29

Puisi Kartini dan Kisah Hidup Sang Pelopor Emansipasi Wanita

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Puisi Kartini dan Kisah Hidup Sang Pelopor Emansipasi Wanita (56694)
Menulis Puisi. Foto: dok. https://www.pixabay.com
Raden Ajeng Kartini dikenal sebagai salah satu Pahlawan Nasional wanita di Indonesia. Untuk mengenang jasanya yang sangat berharga, masyarakat Indonesia membuat puisi kartini yang berisi tentang perjuangannya mempelopori emansipasi wanita. Berikut ini adalah kisah hidup Kartini dan juga salah satu puisi kartini terpilih yang dapat Anda ketahui.
ADVERTISEMENT

Puisi Kartini dan Kisah Tentang Pahlawan Wanita Indonesia

Lahir di Jepara pada 21 April 1879, RA Kartini tumbuh menjadi sosok wanita yang memiliki semangat untuk mengubah kebijakan yang berlaku pada saat itu. Keterbatasan akses pendidikan bagi perempuan membuatnya berinisiatif untuk mempelopori emansipasi wanita agar seluruh wanita mendapatkan pendidikan yang layak.
Hal ini seperti yang dipaparkan dalam buku berjudul Pahlawan Indonesia (2007:109) yang menyebutkan bahwa RA Kartini mengalami beberapa keterbatasan untuk memperoleh pendidikan karena tuntutan adat. Kekecewaannya tersebut rupanya membuat Kartini tak tinggal diam, beliau mengungkapkan kekecewaannya tersebut kepada sahabatnya, Jacques H. Abendanon. Surat-surat tersebut dibukukan menjadi sebuah buku berjudul Door Duisternis tot Licht yang arti harfiahnya "Dari Kegelapan Menuju Cahaya" atau yang juga biasa dikenal dengan Habis Terang Terbitlah Terang.
ADVERTISEMENT
Jasanya yang sangat berharga bagi Indonesia, khususnya bagi perempuan Indonesia ini dikenang dengan memperingati hari Kartini setiap tanggal 21 April. Peringatan ini diisi dengan mengenang kembali jasa-jasa Kartini, salah satunya diwujudkan dalam bentuk puisi Kartini. Dalam buku berjudul Puisi Untuk Ibu Kartini: puisi pilihan event 2nd anniversary paper dan ink yang disusun oleh Clarissa [et al.] (2018:16) ini dapat kita ketahui salah satu contoh puisi Kartini yang dapat kita resapi dan pahami serta mengenang jasa Kartini.
Kartini Pengejar Mimpi
Oleh: Afif Maulana
Kartini Kartini Pengejar mimpi
Menyusuri bukit penuh duri
Memikul mimpi yang terangkai suci
Semangatnya membelah langit dan bumi
Menggoreskan pena di dalam hati
Kartini-kartini pengejar mimpi
Terbngkan nama ibu pertiwi
ADVERTISEMENT
Melangkah kaki di atas lautan api
Tak gentar walau musuh menghalangi
Melangkah kaki dalam kesunyian diri
Kartini yang senantiasa mengejar mimpi
Takkan lupa akan janji suci nan abadi
Senantiasa menari sepanjang Khatulistiwa
Senantiasa mengukir seluas samudera
Senantiasa bersimpuh dalam doa
Kartini-kartini pengejar mimpi
Ciptakan sejarah sepanjang masa
Tiupkan seruling syahdu irama
Sinarkan lentera terangi cakrawala
Berjuang dalam sepenuh nyawa
Kartini-kartini pengejar mimpi
Engkaulah wajah-wajah ibu pertiwi
Pemaparan mengenai kisah singkat tentang RA Kartini dan juga puisi Kartini dalam ulasan tersebut dapat Anda jadikan sebagai wawasan bagi bagi Anda khususnya tentang pahlawan Nasional. Semoga bermanfaat. (DA)