Tekno & Sains
·
22 Februari 2021 20:47

Rantai Makanan di Ekosistem Sawah Lengkap

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Rantai Makanan di Ekosistem Sawah Lengkap (170102)
searchPerbesar
Ilustrasi Rantai Makanan di Sawah. Sumber: Reiseuhu-Unsplash.com
Secara umum, rantai makanan dapat diartikan sebagai proses perpindahan energi dari satu makhluk ke makhluk hidup lainnya. Adapun definisi rantai makanan menurut Prawirotoho adalah suatu peristiwa memakan dan dimakan dengan urutan dan arah tertentu (2004: 124). Maka dapat disimpulkan bahwa rantai makanan merupakan peristiwa memakan dan dimakan dengan urutan tertentu dan mengakibatkan perpindahan energi antara makhluk satu dengan makhluk lainnya. Lalu, bagaimana perpindahan energi itu terjadi?
ADVERTISEMENT
Maksud dari perpindahan energi dari proses memakan dan dimakan itu dapat dianalogikan seperti saat kita mengonsumsi nasi. Karbohidrat yang terkandung pada nasi yang dimakan oleh manusia akan diubah oleh tubuh menjadi sumber tenaga. Demikian pula, jika hewan memakan tumbuhan atau hewan lainnya, ia akan memperoleh tenaga atau energi untuk tumbuh dan berkembang.

Rantai Makanan di Sawah

Setelah memahami konsep dari rantai makanan, saatnya kita untuk memahami lebih lanjut dengan contoh rantai makanan di sawah. Bisakah kamu menyebutkan apa saja makhluk hidup yang ada di sawah?
Yups! Ada rumput, padi, burung, belalang, tikus, ular, burung elang, dan sebagainya. Berikut adalah urutan memakan dan dimakan dalam ekosistem sawah khusus untuk kamu.
  1. Pertama adalah tumbuhan bisa padi atau rumput. Tumbuhan merupakan produsen utama dalam rantai makanan yang akan dikonsumsi oleh konsumen primer.
  2. Kedua adalah konsumen primer, yaitu serangga bisa belalang, ulat, dan sejenisnya. Konsumen primer akan mengonsumsi tumbuhan untuk mendapatkan energi.
  3. Ketiga adalah konsumen sekunder, yaitu katak. Katak akan memakan serangga.
  4. Keempat adalah konsumen tersier yang merupakan hewan karnivora seperti ular sawah yang akan memangsa katak.
  5. Kelima adalah konsumen final seperti burung elang dan hewan pemangsa sejenisnya yang akan memangsa ular sawah atau konsumen tersier.
  6. Keenam, jasad dari konsumen final akan diuraikan oleh bakteri pengurai atau jamur. Hasil penguraian itulah yang akan menjadi sumber nutrisi bagi produsen.
ADVERTISEMENT
Gimana, sudah paham kan tentang rantai makanan? Tuliskan ilmu pengetahuan lain yang ingin kamu ketahui di kolom komentar di bawah ini, ya! (AA)