News
·
14 Januari 2021 21:07

Sebutkan Ciri-Ciri Teks Deskripsi dan Pengertiannya

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Sebutkan Ciri-Ciri Teks Deskripsi dan Pengertiannya (405954)
Teks Deskripsi, Foto: Dok. Enterpreneur
Sebutkan ciri-ciri teks deskripsi. Apakah Anda pernah mendapatkan pertanyaan seperti itu? Jika pernah, apakah jawaban Anda atas pertanyaan tersebut?
ADVERTISEMENT
Kalau Anda masih bingung dan ragu dengan jawaban tersebut, maka Anda bisa mencari jawabannya di dalam artikel ini. Sebelum masuk ke dalam ciri-cirinya, mari kita cari tahu apa itu teks deskripsi.
Teks deskripsi adalah teks yang memiliki penggambaran dengan jelas. Biasanya teks ini dikembangkan dari gagasan utama, dengan cara menjelaskan sejelas-jelasnya pada paragraf berikutnya.
Ciri-ciri yang terdapat dalam teks deskripsi, antara lain:
• Menuliskan topik bacaan menggunakan gambaran secara jelas.
• Menuliskan topik bacaan dengan menggunakan indera yang ada pada tubuh, misalnya, indera penglihatan, indera penciuman, indera pendengaran, dan lainnya.
• Penulis membuat cerita sedetail-detailnya, agar pembaca ikut merasakan cerita tersebut secara langsung.
• Mengandung keterangan tempat dan waktu agar cerita semakin nyata dan mudah dipahami.
ADVERTISEMENT
• Menjelaskan atau memaparkan sifat objek secara jelas.

Sebutkan Ciri-Ciri Teks Deskripsi: Ada Struktur Penulisan yang Harus Diperhatikan

Selain pertanyaan sebutkan ciri-ciri teks deskripsi, pertanyaan tentang struktur yang pakai juga sering terjadi. Teks ini tentu memiliki struktur yang berbeda dengan teks-teks yang lain. Dilansir dari Zenius, Kamis (14/1/2021), berikut struktur yang terdapat dalam teks deskripsi.
1. Identifikasi
Di sini, seorang penulis akan menentukan elemen-elemen yang akan di tulis dalam sebuah teks. Misalnya, penulis akan menentukan tokoh, latar tempat, waktu kejadian, serta alur cerita di dalam teks yang akan ia tulis.
2. Klasifikasi
Pada tahap ini, penulis akan menentukan bahasa serta kalimat yang akan dipakai. Tentu saja, acuan dalam membuat kalimat ini berdasarkan ketentuan yang sudah berlaku di Indonesia, yaitu menggunakan EYD atau Ejaan yang Disempurnakan.
ADVERTISEMENT
3. Deskripsi
Di sini, penulis akan mulai memaparkan ide yang sebelumnya sudah dibuat. Ide-ide tersebut, selanjutnya akan terus dikembangkan menjadi kalimat yang mudah dipahami oleh pembaca.
Semoga bermanfaat dan mengerti ya. Selamat belajar!
(Linda Fahira Putri)

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white