Bola & Sports
·
27 Juli 2021 13:16
·
waktu baca 1 menit

Sikap Lilin yang Benar Kedua Tungkai Kaki dalam Penjaskes

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Sikap Lilin yang Benar Kedua Tungkai Kaki dalam Penjaskes (687777)
searchPerbesar
Ilustrasi Sikap Lilin. (Foto: https://flickr.com)
Senam merupakan latihan fisik yang disusun secara sistematis dengan melibatkan gerakan-gerakan yang terpilih dan terencana untuk tujuan tertentu. Adapun tujuan dilakukannya senam adalah meningkatkan daya tahan, kekuatan, kelenturan, dan koordinasi.
ADVERTISEMENT
Salah satu bentuk senam lantai yang menarik dibahas adalah sikap lilin. Artikel kali ini akan membahas tentang sikap lilin yang benar kedua tungkai kaki dalam penjaskes.

Sikap Lilin yang Benar Kedua Tungkai Kaki

Sikap Lilin yang Benar Kedua Tungkai Kaki dalam Penjaskes (687778)
searchPerbesar
Ilustrasi Sikap Lilin. (Foto: https://flickr.com)
Sikap lilin merupakan sikap yang dibuat dari tidur terlentang kemudian mengangkat kedua kaki (rapat) lurus ke atas dengan kedua tangan menopang pinggang. Dikutip dari buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMP Kelas VII yang ditulis oleh Muhajir (2007: 87), kamu dapat melakukan senam lantai sikap lilin yang benar dengan mengikuti latihan-latihan berikut:
Latihan Pertama
  • Tidur terlentang, kedua kaki rapat, dan kedua tangan di sisi badan.
  • Kemudian, angkat kedua kaki (lutut lurus dan rapat) hingga kedua ujung kaki menyentuh lantai di atas kepala dan pinggang ditopang dengan kedua tangan.
  • Terakhir, kembali ke sikap semula (tidur terlentang).
ADVERTISEMENT
Latihan Kedua
  • Kamu dapat mengulangi latihan pertama dan dilanjutkan kedua lutut dibengkokkan sehingga kedua lutut berada di atas muka, lalu kembali sikap semula.
  • Lakukan latihan di atas. Kemudian, luruskan kedua kaki ke atas secara perlahan. Tahan sikap ini sesaat. Pada waktu akan kembali ke sikap semua bengkokkan dahulu kedua lutut.
Latihan Ketiga
  • Pertama, buat sikap lilin dari sikap tidur terlentang dengan mengangkat kedua kaki sekaligus. Posisi sikap lilin yang benar kedua tungkai kaki harus rapat dan lurus.
  • Buat sikap lilin dari sikap duduk berlunjur.
Latihan Keempat dengan Bantuan Tembok
  • Letakkan kedua tangan dan dahi di lantai atau matras. Punggung menghadap ke tembok.
  • Kemudian, lemparkan kedua belah kaki, sehingga punggung menempel pada tembok. Ketika punggung telah menempel pada tembok, luruskan kedua kaki ke depan sehingga badan dan kedua kaki hampir membentuk sudut siku-siku.
  • Luruskan kedua kaki ke atas sampai tumit menyentuh dinding secara perlahan-lahan.
ADVERTISEMENT
Itulah penjelasan mengenai sikap lilin yang benar kedua tungkai kaki dan latihan-latihan yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan posisi sikap lilin yang baik dan benar. Selamat berlatih! (CHL)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white