News
·
17 September 2020 20:24

Sitti Hikmawatty: Fakta Mantan Komisioner KPAI yang Sempat Heboh

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Sitti Hikmawatty: Fakta Mantan Komisioner KPAI yang Sempat Heboh (40981)
Sitti Hikmawatty, Foto: gatra
Sitti Hikmawatty, mantan Komisioner KPAI yang sempat viral lantaran pernyataannya terkait berenang di kolam yang bisa menyebabkan kehamilan. Menurutnya, berenang bersama antara laki-laki dan perempuan dalam satu tempat akan menyebabkan kehamilan. Banyak publik yang menyindir pernyataan dari sosok perempuan tersebut.
ADVERTISEMENT
Akhirnya Presiden Indonesia Joko Widodo melakukan pemberhentian secara tidak hormat atas Sitti Hikmawatty. Alasan pemecatannya lantaran Sitti melanggar 4 prinsip dalam kode etik KPAI. Yakni prinsip integritas, prinsip kepantasan, prinsip kesaksamaan, dan prinsip kolegialitas.

Fakta Sitti Hikmawatty yang Jarang Diketahui

  1. Riwayat Pendidikan
Sebelum menjabat sebagai Komisioner KPAI atau Komisi Perlindungan Anak Indonesia, ternyata Sitti terjun dalam dunia pendidikan kesehatan. Nama lengkapnya adalah Dr. Sitti Hikmawatty, S.St, M.Pd. Publik figur ini lahir di Cimahi pada bulan Oktober 1970 dan menjadi anggota KPAI terhitung dari 2017.
Sitti dipercaya menjadi Komisioner dalam bidang kesehatan dan narkotika. Lebih tepatnya dalam Psikotropika dan Zat Adiktif atau Napza. Ternyata, Sitti adalah lulusan atau alumni dari Gizi Bandung Depkes RI. Tidak sampai di situ, Sitti melanjutkan pendidikan khusus dalam bidang gizi klinik di Universitas Indonesia.
ADVERTISEMENT
Dia juga melanjutkan pendidikannya di UNJ untuk mendapatkan gelar Magister melalui program Pendidikan Anak Usia Dini. Melihat dari perjalanannya, Sitti memilih untuk terjun dalam dunia kesehatan.
  1. Aktif dalam Organisasi
Sosok Sitti ternyata sudah aktif dalam organisasi sejak duduk di bangku sekolah menengah. Banyak sekali organisasi yang diikutinya baik intra maupun ekstra saat masih sekolah. Saat memasuki dunia mahasiswa, Sitti tetap aktif dan masuk dalam organisasi profesi yang dijalaninya dengan begitu serius.
  1. Mengikuti Sea Games
Siapa sangka jika ternyata Sitti pernah mengikuti Sea Games dan bergabung dalam kelompok untuk menangani gizi atlet dalam beberapa cabang olahraga. Sebelumnya, Sitti bekerja di RS Al Islam Bandung setelah lulus kuliah. Dia juga pernah bertugas di RS Medika Permata Hijau Jakarta dan klinik Gastro enterolog.
ADVERTISEMENT
Sosok Sitti Hikmawatty juga menjadi pengajar di UHAMKA dan memilih menjadi penulis lepas. Dia pernah menjadi seorang editor di MIMS Asia bidang kesehatan anak dan dipercaya sebagai tenaga ahli MPR. Itulah beberapa fakta singkat dari mantan Komisioner KPAI.
(Anggi)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white