News
·
11 November 2020 9:54

Tak Hanya Google Translate, Google Assistant Juga Dapat Terjemahkan Percakapan

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Tak Hanya Google Translate, Google Assistant Juga Dapat Terjemahkan Percakapan (420894)
Google Assistant, Foto: Dok. medium.com
Google Translate hingga saat ini masih menjadi pilihan utama mayoritas masyarakat dunia untuk menerjemahkan bahasa. Bisa diakses dari smartphone maupun situs web, Google Translate hingga kini dapat menerjemahkan 109 bahasa di berbagai tingkatan. Tak hanya mumpuni untuk menerjemahkan dalam bentuk teks dan dokumen, Translate kini juga dapat menerjemahkan percakapan secara real-time.
ADVERTISEMENT
Jika kamu mengira bahwa Google Translate adalah satu-satunya perangkat lunak penerjemah bahasa yang dikembangkan oleh Google, kamu salah besar. Nyatanya ada satu lagi perangkat lunak buatan Google yang juga bisa dgunakan untuk menerjemahkan bahasa, khususnya dalam bentuk percakapan.
Adalah Google Assistant, asisten virtual buatan Google yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI). Berbeda dengan Google Now, Google Assistant dapat terlibat dalam percakapan dua arah.
Bisa dibilang bahwa Google Assistant adalah cara praktis untuk mendapatkan informasi, melakukan tugas, serta mengajukan pertanyaan hanya dari smartphone kamu. Di antara banyaknya fitur yang dimiliki, Google Assistant juga dapat menerjemahkan percakapan secara real-time dengan Mode Penerjemah (Interpreter Mode).
Mode penerjemah Google Assistant hingga kini dapat mendukung 44 bahasa yang berbeda, termasuk Bahasa Inggris, Indonesia, Jepang, Perancis, Hindi, Thailand, dan masih banyak lagi. Tak hanya bisa diakses di smartphone berbasis Android dan iOS, mode penerjemah Google Assistant juga dapat digunakan di berbagai macam perangkat, seperti speaker Google Home, smartwatch, hingga mobil.
ADVERTISEMENT

Cara Kerja Google Translate Percakapan Real-Time dengan Google Assistant

Cara kerja Google Assistant sebenarnya mirip dengan Google Translate. Pertama nyalakan mode penerjemah Google Assistant, setelah itu lakukan percakapan dengan bahasa asing. Kemudian, minta Google Assistant untuk membantu menerjemahkan percakapan tadi dengan bahasa yang diinginkan. Perangkat lunak ini secara otomatis akan menerjemahkannya dengan bahasa yang kamu minta.
Tak Hanya Google Translate, Google Assistant Juga Dapat Terjemahkan Percakapan (420895)
Tampilan Mode Penerjemah Google Assistant, Foto: Dok. medium.com
Mode terjemahan Google Assistant dapat digunakan dengan cara otomatis dan manual. Untuk cara otomatis, kamu bisa langsung memanggil Google dan minta sesuai yang kamu inginkan. Misalnya, “Hey Google, turn on interpreter mode”, “Hey Google, interpret from English to Indonesian”, atau “Hey Google, be my Spanish interpreter”.
Adapun jika kamu lebih nyaman melakukannya secara manual, caranya adalah klik “Entri untuk Manual” di bagian bawah layar. Kemudian ketuk ikon mikrofon dan pilih bahasa percakapan yang digunakan. Setelah itu ketuk kembali ikon mikrofon, lalu pilih bahasa yang digunakan orang lain saat berbicara, atau bahasa yang ingin kamu terjemahkan. Google Assistant akan langsung bekerja menerjemahkan kata-kata.
ADVERTISEMENT
Itu dia aplikasi buatan Google selain Google Translate yang bisa kamu gunakan untuk menerjemahkan percakapan secara real-time. Bagaimana, tertarik untuk mencoba menerjemahkan percakapan dari Google Assistant?
(RYFA)