News
·
1 Desember 2020 15:06

Teks Berita, Ini Manfaat dari Mempelajarinya!

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Teks Berita, Ini Manfaat dari Mempelajarinya! (16271)
Teks Berita dan Manfaat mempelajarinya Foto: shareinspire
Teks berita merupakan teks yang berisikan kejadian, peristiwa, dan informasi yang sedang atau sudah terjadi. Biasanya, pelajaran tentang teks berita ditemukan pada Bahasa Indonesia. Mempelajari teks berita bisa memberikan Anda manfaat. Tidak heran jika tema tersebut masuk dalam pelajaran.
ADVERTISEMENT
Teks berita mempunyai ciri-ciri beserta struktur dalam pembuatannya. Hal yang perlu diperhatikan saat membuat berita adalah data yang akurat dan benar adanya. Lalu, apa sih manfaat belajar teks berita?

Melatih Bahasa Adalah Manfaat Belajar Teks Berita

Belajar teks berita bisa membantu seseorang dalam melatih bahasa Indonesianya. Hal ini dikarenakan teks berita menggunakan bahasa yang baku, baik, dan benar. Selain itu, teks berita bisanya menyisipkan beberapa serapan kata dari bahasa asing. Secara tidak langsung, Anda bisa memperkaya kata dan ragam bahasa Indonesia yang masih jarang diketahui.
Dengan mengetahui banyaknya ragam dan kata, maka akan memudahkan Anda dalam melakukan komunikasi. Bahkan, Anda juga akan sopan dan tahu mana kata yang tepat saat berbicara dengan orang tua. Dengan begitu, Anda bisa menghargai orang lain melalui kata-kata.
ADVERTISEMENT

Mengetahui Berita yang Benar

Beberapa teks berita menampilkan berita yang hoak atau palsu. Hal ini tentunya membuat orang merasa dirugikan karena percaya dengan berita palsu. Cara mencegahnya adalah dengan belajar teks berita. Jika Anda mengetahui struktur dan ciri-ciri dari teks berita, maka Anda tidak akan tertipu oleh berita hoaks.
Selain itu, seseorang yang membaca teks berita secara rutin akan lebih mudah mengetahui mana berita yang fakta dan mana berita yang palsu. Jadi, Anda bisa melatihnya melalui teks berita.

Belajar Membaca Cepat

Siapa sangka, ternyata mempelajari teks berita bisa memberikan Anda manfaat belajar membaca cepat. Saat ujian bahasa Indonesia, sering kali muncul soal tentang teks berita dan Anda diharuskan mencari ide pokoknya. Oleh karena itu, Anda harus membaca cepat agar bisa menemukan ide pokok dari beberapa teks berita.
ADVERTISEMENT
Selain itu, belajar membaca cepat bisa membawa Anda pada keuntungan lainnya. Seperti membantu Anda dalam membaca banyak buku, menjawab banyak soal, atau saat mengikuti perlombaan. Itulah beberapa manfaat dari mempelajari teka berita yang harus Anda tahu.(Anggi)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white