Tujuan Indische Partij sebagai Organisasi Pergerakan Kebangsaan

Konten dari Pengguna
9 Februari 2022 17:37 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Indische Partij merupakan organisasi pergerakan kebangsaan yang bertujuan apa? sumber foto: (Adam Niescioruk) by Unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Indische Partij merupakan organisasi pergerakan kebangsaan yang bertujuan apa? sumber foto: (Adam Niescioruk) by Unsplash.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Indische Partij merupakan organisasi pergerakan kebangsaan yang bertujuan apa? Seperti yang kita tahu, Indische Partij ialah organisasi yang berdiri di masa pergerakan nasional dan memiliki andil besar dalam sejarah perpolitikan Indonesia
ADVERTISEMENT

Tokoh Pendiri Indische Partij

Mengutip buku Pasti Bisa Sejarah Indonesia utnuk SMA/MA Kelas XI oleh Tim Ganesha Operation (2019), Indische Partij didirikan oleh tokoh yang dikenal dengan julukan tiga serangkai, yakni Douwes Dekker (Danudirjo Setiabudi), Suwardi Suryaningrat (Ki Hajar Dewantara), dan Tjipto Mangunkusumo.
Latar belakang tokoh-tokoh tersebut yaitu sebagai berikut:
Indische Partij merupakan organisasi pergerakan kebangsaan yang bertujuan apa? sumber foto: (Thomas Kelley) by Unsplash.com
1. E.F.E. Douwes Dekker
Ernest Francois Eugene Douwes Dekker adalah keturunan Belanda yang lahir di Pasuruan, Jawa Timur. Ia merupakan seorang penulis, wartawan, dan aktivis politik.
2. Tjipto Mangoenkoesoemo
Tjipto Mangoenkoesoemo adalah keturunan bangsawan pribumi di Ambarawa, Jawa Tengah. Ia berhasil mengenyam pendidikan di STOVIA. Tjipto memiliki andil besar dalam mendirikan Boedi Oetomo pada 1908. Selanjutnya, ia turut serta mendirikan organisasi Indische Partij.
ADVERTISEMENT
3. Suwardi Suryaningrat
Suwardi Suryaningrat atau Ki Hadjar Dewantara adalah aktivis politik, penulis, dan guru yang berasal dari Pakualaman, Yogyakarta. Ia aktif menyoroti diskriminasi yang tumbuh terhadap kalangan pribumi, terutama dalam bidang pendidikan.
Tujuan Didirikannya Indische Partij
Jika ditanya tentang tujuan berdirinya Indische Partij, maka pembahasannya akan sedikit panjang dan terdiri dari beberapa poin. Secara garis besar, Indische Partij merupakan organisasi pergerakan kebangsaan yang bertujuan untuk membangun rasa patriotisme atau cinta tanah air.
Selain itu, beberapa tujuan lain dibentuknya Indische Partij yaitu sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
Indische Partij mampu memberikan dampak yang signifikan bagi pergerakan Indonesia. Namun, organisasi ini hanya mampu bertahan selama satu tahun. Partai ini dibubarkan pemerintah pada 4 Maret 1913 karena haluan politiknya menentang Belanda.
(DLA)