News
·
23 Februari 2021 7:44

Tuliskan Proses Pembuatan Perahu Jong Secara Singkat

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Tuliskan Proses Pembuatan Perahu Jong Secara Singkat (10792)
Perahu Jong, Sumber: Kumparan
Tuliskan proses pembuatan perahu jong merupakan salah satu soal dalam pelajaran Sekolah Dasar. Soal ini sendiri ada pada salah satu program televisi yang ada di Indonesia, yakni TVRI. Soal ini hadir untuk membantu adik-adik di rumah dalam melakukan pembelajaran.
ADVERTISEMENT
Sebagai informasi, perahu jong sendiri berasal dari daerah Riau lho. Perahu ini merupakan salah satu mainan tradisional khas daerah tersebut. Dalam buku Bunga rampai ceritera rakyat daerah Kalimantan Barat (1979:36), sejarah perahu jong ini dibuat berdasarkan penawaran dari sang Raja kala itu kepada Riya Sinir, untuk menebang pohon yang bernama pohon merbau.
Sejarah tersebut akhirnya melahirkan sebuah karya yang diberikan nama perahu jong. Lalu, seperti apa pembuatan dari perahu jong itu sendiri? Berikut proses pembuatan perahu jong secara singkat yang harus kamu tahu.

Tuliskan Proses Pembuatan Perahu Jong: Alat dan Bahan

Sebelum masuk ke dalam proses pembuatan perahu jong, kamu harus menyiapkan beberapa alat dan bahan sebagai berikut:
- Kayu pulai berukuran 100-130 cm (kecil)
ADVERTISEMENT
- Kayu pulai berukuran 130-160 cm (sedang)
- Kayu pulai berukuran 160-190 cm (besar)
- Gergaji
- Pisau pahat
- Paku
- Amplas
Jika sudah menyiapkan semuanya, langkah selanjutnya yaitu masuk ke dalam pembuatan perahu jong. Yuk kita simak bersama-sama proses dari pembuatan perahu ini.
Langkah pertama, yaitu potong batang dari pohon pulai dengan ukuran yang kamu inginkan menggunakan gergaji.
Langkah kedua, kayu yang sudah di potong kamu belah menjadi dua bagian. Selanjutnya keruk salah satu bagiannya yang akan digunakan menjadi dasar sebuah perahu.
Kemudian, lubangi bagian tengah dasar tersebut, dan berikan tiang penyangga layar. Lanjutkan dengan membuat tiang dibagian tengah dan diujung haluan, lalu direkatkan dengan lem.
Sisa dari kayu yang tidak dipakai, bisa kamu gunakan untuk membuat tutupan badan jong secara rapat. Langkah terakhir yang kamu lakukan selanjutnya yaitu memasangkan kate sebagai penyeimbang layar di bagian kanan dan kiri agar perahu bisa berlayar dengan baik.
ADVERTISEMENT
Demikian cara pembuatan dari perahu jong khas Kepulauan Riau. Kamu bisa menggunakan proses di atas sebagai jawaban dari soal tuliskan proses pembuatan perahu jong dalam kuis di TVRI ya. Semoga bermanfaat!
(Linda Fahira Putri)

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white