Tutorial Cara Main Minesweeper untuk Pemula

Konten dari Pengguna
21 Desember 2021 17:20
·
waktu baca 5 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Tutorial Cara Main Minesweeper untuk Pemula. Sumber: unsplash.com/Lorenzo Herrera
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Tutorial Cara Main Minesweeper untuk Pemula. Sumber: unsplash.com/Lorenzo Herrera
ADVERTISEMENT
Cara bermain game Minesweeper ternyata tidaklah sulit. Game yang satu ini tengah diminati banyak orang. Bermain game di komputer atau smartphone adalah salah satu cara mengisi waktu luang. Ada berbagai macam game yang bisa kita mainkan.
ADVERTISEMENT
Dalam buku Belajar Membuat Game 2D dan 3D Menggunakan Unity oleh Siti Asmiatun dan Astrid Novita Putri (2017: 2-3), definisi game adalah sebuah bentuk universal dari hiburan yang secara umum mengandung aktivitas apa saja yang menarik.
Sebuah game kelihatannya melibatkan tiga komponen menarik, yaitu pemain yang ingin berpartisipasi, aturan yang mendefinisikan batasan dari game, dan tujuan yang menimbulkan konflik dan persaingan antar pemain.
Tantangan adalah aspek paling penting dalam sebuah game. Semakin menantang sebuah game, pemain semakin termotivasi untuk menyelesaikan dan memenangkannya.
Salah satu game yang cukup menantang untuk dimainkan adalah game komputer Minesweeper. Meskipun game ini termasuk game klasik dan terlihat sederhana namun pemain cukup kewalahan untuk memainkannya karena tingkat kesulitan yang dimiliki.
ADVERTISEMENT
Jika anda tertarik memainkan Minesweeper namun tidak tahu cara memainkannya, anda dapat menyimak penjelasan berikut ini. Berikut ini adalah artikel mengenai cara bermain Minesweeper untuk pemula.

Bagaimana Cara Main Minesweeper?

Ilustrasi Tutorial Cara Main Minesweeper untuk Pemula. Sumber: unsplash.com/Mick Haupt
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Tutorial Cara Main Minesweeper untuk Pemula. Sumber: unsplash.com/Mick Haupt
Minesweeper hadir sebagai game default di Windows. Namun menurut Buku Pintar Microsoft Windows 8 oleh Jubilee Enterprise (2013: 269), mulai dari Windows 8, Microsoft tidak meletakkan permainan Minesweeper sebagai game default.
Sebaliknya, jika anda ingin memainkan game ini maka anda harus menginstalnya dari Windows Store. Minesweeper saat ini memiliki tampilan yang berbeda dengan tema yang cantik.
Namun, anda juga bisa memainkan Minesweeper dengan tampilan lama di website minesweeper.online atau minesweeperonline.com. Pada website minesweeper.online terdapat tiga level Minesweeper, yaitu Beginner, Intermediate, dan Expert. Setiap level memiliki tingkat kesulitannya masing-masing.
ADVERTISEMENT
Jika anda pemain pemula, maka anda bisa memulai memainkannya dari level Beginner atau level yang paling mudah. Meskipun paling mudah, namun anda harus memperhatikan tutorial permainan Minesweeper supaya dapat menyelesaikannya.
Adapun tutorial permainan Minesweeper adalah sebagai berikut:
Sebelumnya, anda harus memahami, pada game Minesweeper terdapat sebuah papan luas dengan banyak petak. Salah satu petak jika di-klik maka akan mengeluarkan ranjau, untuk itu anda harus berhati-hati untuk tidak meng-klik petak yang menyembunyikan ranjau.
  • Buka permainan Minesweeper.
  • Klik petak dalam papan Minesweeper secara acak, jangan sampai memunculkan ranjau.
  • Setelah dik-klik, jika aman dari ranjau maka akan muncul angka-angka.
  • Jika tidak aman, maka akan muncul ranjau dan saat itu anda harus mereset permainan di tombol yang berbentuk emoji kuning dan memulai permainan lagi.
ADVERTISEMENT

Apa Arti Angka di Minesweeper?

Ilustrasi Tutorial Cara Main Minesweeper untuk Pemula. Sumber: unsplash.com/Garrett Morrow
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Tutorial Cara Main Minesweeper untuk Pemula. Sumber: unsplash.com/Garrett Morrow
Minesweeper merupakan video game yang menawarkan keseruan untuk menebak beberapa kotak yang tidak berisi ranjau dan juga yang berisikan ranjau. Apabila Anda memilih kotak yang tepat dan aman, maka kotak tersebut akan menunjukkan nomor kotak yang berisikan ranjau.
Anda dapat menggunakan petunjuk angka tersebut untuk dapat menyelesaikan permainan dengan cara membuka semua kotak aman. Namun jika Anda salah memilih kotak dan nomor, maka permainan akan berakhir dan Anda akan kalah.
Permainan minesweeper akan selalu membuat kotak pilihan pertama menjadi kotak yang aman. Tidak ada tips khusus untuk dapat memenangkan permainan ini. Pemain hanya perlu menggunakan keberuntungannya untuk memilih kotak lainnya supaya bisa menang.
ADVERTISEMENT
Ilustrasi bermain Minesweeper. Foto: Unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi bermain Minesweeper. Foto: Unsplash.com
Untuk dapat memenangkan permainan ini, Anda perlu mengetahui arti angka dari setiap kotak yang terdapat di Minesweeper. Mengutip dari laman Urban Dictionary, berikut ini beberapa arti angka yang terdapat di game Minesweeper:

Angka 1

Awal permainan dimulai, Anda dapat memilih secara bebas kotak yang telah tersedia. Terdapat dua kemungkinan kotak yang Anda pilih saat pertama kali, yaitu kotak kosong dan juga kotak yang berisikan nomor untuk memberitahu ranjau.
Hanya saja umumnya pemain akan diberikan kotak kosong saat awal permainan. Setelah memilih kotak kosong, terdapat 8 kotak lainnya yang memiliki angka 1 di dalamnya. Hal ini berarti terdapat 1 ranjau pada kotak-kotak yang telah tersedia.
ADVERTISEMENT
Dengan begitu, Anda perlu berhati-hati untuk memilih kotak yang terdapat di area sekitar kotak-kotak yang berangka 1. Apabila Anda menemukan angka 1 dengan 1 kotak yang belum terbuka di sekitarnya, Anda dapat menandai kotak tersebut karena biasanya itu berisikan tambang yang menguntungkan.
Lalu jika ada kotak dengan beberapa kotak yang belum diklik, namun salah satu kotak tersebut memiliki bendera di dalamnya, Anda dapat mengeklik kotak yang belum diklik tersebut.

Angka 2

Kemudian dalam permainan Minesweeper, Anda juga akan menemukan kotak dengan angka 2. Hal ini berarti terdapat 2 ranjau di sekitar 8 kotak sekitarnya. Dengan begitu, Anda perlu berhati-hati untuk memilih kotak yang terdapat di sekitar kotak angka 2 tersebut.
Angka 2 dalam kotak kuning menandakan bahwa di bawah dan di pojok kanan bawahnya telah berisi ranjau. Hal tersebut diketahui dari sekeliling angka 2 tersebut hanya ada petak di bawahnya dan tidak memiliki kotak.
ADVERTISEMENT
Kondisi itu juga didukung dengan adanya angka 2 di seberang pertak tersebut yang menandakan ada 2 ranjau di sekelilingnya. Jika Anda menemukan angka 2 dengan 3 kotak yang belum diklik, Anda perlu mewaspadai ketiga kotak tersebut.
Anda juga perlu mewaspadai apabila menemukan angka 2 dengan 2 kotak yang belum diklik, karena biasanya 2 kotak tersebut berisikan ranjau.

Angka 3

Setelah itu, Anda juga akan menemukan angka 3 dalam permainan Minesweeper. Angka 3 dalam permainan ini berarti terdapat tiga ranjau yang ada di sekitar 8 kotak terdekat dari angka 3.
Anda bisa menganalisis lokasi ranjaunya dengan menyocokkan lokasi antara beberapa angka yang telah terbuka. Contohnya, Anda dapat memetakan lokasi ranjau yang ada di antara angka 3, 2, dan 1 yang sudah terbuka.
ADVERTISEMENT

Angka 4

Angka 4 dalam permainan Minesweeper berarti terdapat 4 ranjau di sekitar 8 kotak terdekat dari angka 4. Anda perlu berhati-hati untuk menebak kotak selanjutnya di sekitar angka 4 ini, ya.

Angka 5

Serupa dengan angka sebelumnya, angka 5 ini menandakan adanya 5 ranjau di sekitar 8 kotak terdekat dari angka 5.
Itulah tutorial cara bermain Minesweeper untuk pemula. Semoga dapat membantu anda yang sedang mulai bermain Minesweeper.
(IND dan FNS)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·