Tekno & Sains
·
2 Agustus 2021 14:57
·
waktu baca 1 menit

Upaya Masyarakat untuk Mempertahankan Kestabilan Lingkungan

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Upaya Masyarakat untuk Mempertahankan Kestabilan Lingkungan (736209)
searchPerbesar
Apa yang dilakukan oleh masyarakat sekitarmu untuk menjaga kestabilan lingkungan, sumber gambar: https://www.pexels.com/
Manusia merupakan pelaku utama yang memiliki andil besar dalam menjalankan roda kehidupan di bumi. Selama manusia mampu menjaga kestabilan lingkungan, maka lingkungan sekitar dapat lebih terawat dan nyaman untuk ditinggali. Lantas, apa yang dilakukan oleh masyarakat sekitar rumahmu untuk mempertahankan kestabilan lingkungannya?
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Pelestarian Lingkungan Hidup oleh Sabartiyah (2020: 3), lingkungan hidup merupakan seluruh unsur yang berada di sekitar individu yang memengaruhi kehidupan dan perkembangan individu yang bersangkutan. Lingkungan hidup dibedakan menjadi lingkungan fisik dan lingkungan sosial.
Lingkungan fisik merupakan segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berwujud sebagai benda mati. Adapun lingkungan sosial yaitu mencakup beberapa aspek, seperti kemasyarakatan, kejiwaan, kerohanian dan sebagainya.

Upaya Masyarakat untuk Mempertahankan Kestabilan Lingkungan

Upaya Masyarakat untuk Mempertahankan Kestabilan Lingkungan (736210)
searchPerbesar
Apa yang dilakukan oleh masyarakat sekitarmu untuk menjaga kestabilan lingkungan, sumber gambar: https://www.pexels.com/
Setelah mengetahui pengertian dari lingkungan hidup, tentu kamu perlu mengetahui kegiatan yang sebaiknya dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan. Apa yang dilakukan oleh masyarakat sekitarmu untuk menjaga kestabilan lingkungan?
Pastinya, ada beberapa upaya yang dapat dilakukan agar lingkungan tetap sehat dan lestari. Setiap orang perlu bahu-membahu menciptakan lingkungan bersih, indah dan jauh dari polusi. Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga lingkungan yaitu sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
  • Membuang sampah pada tempatnya
  • Reboisasi dan menjaga agar hutan tidak gundul
  • Mendirikan hutan lindung bagi pejabat berwenang
  • Mendaur ulang sampah
  • Tidak berburu hewan dan tumbuhan yang dilindungi Undang-Undang
  • Melakukan penghijauan di sekitar tempat tinggal
  • Limbah pabrik yang akan dibuang harus diolah terlebih dahulu agar tidak mencemari lingkungan
Pada dasarnya, masih banyak upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kestabilan lingkungan. Hal ini dapat disesuaikan dengan kondisi lingkungan masing-masing di setiap daerah yang tentunya memiliki karakteristik yang tidak sama. Misalnya, jika tinggal di kawasan pegunungan, maka jangan menebang pohon sembarangan agar tidak terjadi longsor saat hujan turun.
Jika tinggal di kawasan dekat pantai, tanamlah hutan bakau dan bersihkan pantai minimal seminggu sekali. Namun, secara garis besar kamu bisa mengikuti upaya di atas untuk memelihara lingkungan yang ada di bumi ini. (DLA)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white