News
·
12 Januari 2021 19:43

Yuk, Cari Tahu Sejarah Pencak Silat Secara Singkat Di Sini!

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Yuk, Cari Tahu Sejarah Pencak Silat Secara Singkat Di Sini! (273627)
Tampilan Seni Bela Diri Pencak Silat, Sumber: Kumparan
Sejarah pencak silat mungkin tidak banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia. Walaupun pencak silat sendiri, merupakan ilmu seni bela diri asli dari bangsa Indonesia.
ADVERTISEMENT
Ternyata, bukan hanya Indonesia saja yang mempunyai bela diri pencak silat ini. Terdapat beberapa negara tetangga, yang memiliki ilmu bela diri dengan nama yang sama.
Nama “silat” adalah nama yang terkenal di beberapa negara Asia Tenggara. Bahkan, seni bela diri mereka pun dimanakan “silat” juga lho, seperti di Indonesia. Misalnya, di negara Thailand, mereka mempunyai seni bela diri dengan nama bersilat. Sedangkan di negara Filipina disebut sebagai pasilat.
Di Indonesia sendiri, pencak silat sudah ada sejak zaman kerajaan dulu lho. Artinya, pencak silat ini sudah ada sejak berada-abad lamanya. Melewati beberapa zaman di Indonesia, seperti zaman penjajahan Belanda, penjajahan Jepang, bahkan sudah berkembang dan semakin dikenal sampai saat ini.
ADVERTISEMENT

Sejarah Pencak Silat: Teknik-teknik yang Digunakan

Walaupun sejarah pencak silat terbilang sudah lama sekali, namun seni bela diri ini tetap masih bisa dipertahankan hingga saat ini. Bahkan, sudah ada komunitas dan perlombaan sampai tingkat internasional.
Tujuan dari bela diri pencak silat, yaitu untuk mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Tentunya tetap memegang teguh ajaran Allah SWT.
Teknik-teknik yang terdapat dalam bela diri pencak silat ini terdiri dari, sikap hormat, sikap duduk, sikap tegak, sikap pasang, kuda-kuda, pembentukan arah gerakan, dan lain sebagainya.
Anda bisa belajar dan melakukan seni beda diri pencak silat, dengan cara mengikuti komunitas, atau kegiatan ekstrakulikuler di lingkungan tempat Anda tinggal. Anda juga bisa belajar melalui internet, namun akan kurang maksimal jika berlatih tanpa ada yang mengajari.
ADVERTISEMENT
Selamat belajar ilmu bela diri ya!
(Linda Fahira Putri)

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white